Jakarta (ANTARA News) - Indonesia tetap menyelenggarakan SEA Games ke-26 tahun depan di empat daerah, sekalipun ada usulan dari beberapa negara agar digelar di satu kota.

"Kita tetap mengacu kepada apa yang telah ditetapkan dalam surat Keputusan Presiden, bahwa penyelenggaraan SEA Games di empat daerah," Kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo pada temu pers usai `Council Meeting` (pertemuan Dewan) SEA Games di Jakarta, Minggu.

Keempat daerah itu adalah DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Rita mengatakan, dalam "Council Meeting" tersebut sempat ada usulan dari sejumlah negara peserta agar penyelenggaraan SEA Games difokuskan di satu kota untuk menghemat biaya.

"Tentunya dengan penyelenggaraan SEA Games di empat provinsi panitia penyelenggara akan bekerja sebaik mungkin dan seefisien mungkin dalam hal penggunaan dana," katanya.

Rita mengatakan, keempat daerah yang akan menjadi tuan rumah SEA Games akan menampilkan ciri khas masing-masing sebagai maskot.

"Jawa tengah yang ditonjolkan Borobudurnya, Jawa Barat Gedung Sate, dan Jakarta dengan Tugu Monasnya, dan Palembang Jembatan Ampera," paparnya.

Mengenai usulan tuan rumah Indonesia untuk menambahkan enam cabang olah raga yakni paragliding, panjat tebing, roller skate, bridge, futsal dan soft tennis, Rita mengatakan telah diterima oleh Council Meeting.

"Kami gembira bahwa apa yang kami usulkan bisa diterima oleh anggota delegasi Consul Meeting. Kami mengusulkan keenam cabang olahraga itu, yang satu diantaranya (paragliding) merupakan cabang baru," kata Rita.

Dengan demikian total cabang yang dipertandingan di SEA Games 2011 menjadi 41.

Panjat tebing didukung Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Brunei dan Singapura.

"Tetapi yang paling mendapatkan sorotan adalah bridge karena di Thailand cabang itu tak pernah dimainkan," tambahnya.

Dalam Council Meeting yang dihadiri seluruh petinggi negara-negara Asia Tenggara kecuali Timor Leste itu juga muncul usulan agar cabang-cabang lain seperti arnis, hoki, netball, petanque, triathlon, vovinam dan kriket dipertandingkan.

Dua cabang di antaranya yaitu Petanque dan vovinam disetujui untuk dipertandingkan.

Upacara pembukaan dan penutupan akan ditentukan pemerintah.

"Jawa Barat dan Jawa Tengah tidak siap untuk menggelar acara pembukaan dan penutupan. Jadi tinggal DKI dan Sumatera Selatan. Hari Senin (31/5) saya dipanggil Pak Menpora. Kalau mau tanya soal tempat pembukaan dan penutupan tanyakan saja ke Pak Menpora," Demikian Rita Subowo. (*)

F005/a032/AR09

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010