Jenewa (ANTARA News) - Seorang wartawan Irak yang bulan lalu melempar sepatunya ke Presiden W Bush di Baghdad,  kini mengajukan suaka politik ke Swiss.

Pengacara Muntazer al-Zaidi kepada koran La Tribune de Geneve, Senini, mengatakan "awal tahun ini keluarganya menghubungi saya lewat Palang Merah Internasional (ICRC)  dan pekan ini saya akan menghubungi kementerian luar negeri Swiss untuk mendorong mereka agar meluluskan permohonan suaka Zaidi."

Si pengacara, Mauro Poggia, mengatakan bahwa Swiss dapat memberi suaka tanpa bersikap pendukung atau penentang penyerbuan AS ke Irak.

Zaidi yang melempari Bush pada tanggal 14 Desember diajukan ke hadapan Pengadilan Pusat Kriminal Irak pada 31 Desember.

Tuduhan untuk wartawan berusia 29 tahun itu didakwa "menyerang kepala negara lain yang sedang melakukan kunjungan resmi."

Zaidi  yang bekerja untuk saluran televisi Al-Baghdadia itu terancam hukuman 15 tahun penjara.

Poggia mengatakan bahwa aksi Zaidi banyak mendapat dukungan dari warga Irak, namun "dia tidak bisa lagi bekerja sebagai wartawan  karena akan mendapat tekanan yang sangat berat...kehidupannya seperti neraka di negeri sendiri."

Jika Zaidi bisa ke Jenewa maka dia akan "dapat bekerja dengan baik sebagai wartawan di PBB" . Kantor pusat PBB untuk Eropa terletak di Jenewa.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009