Jakarta (ANTARA) - Pada Selasa (23/3), Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyatakan bahwa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berhasil menurunkan jumlah kasus aktif COVID-19 di 10 provinsi pelaksana dan pemerintah mengamankan suplai vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu ada warta mengenai perkembangan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dan kematian penasihat menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

PPKM Mikro turunkan kasus COVID-19 di 10 provinsi

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyatakan bahwa PPKM jilid ketiga dari 9 sampai 22 Maret 2021 berhasil menurunkan kasus aktif, kasus kematian pasien, dan keterisian tempat tidur di ruang isolasi di 10 provinsi pelaksana. Menurut Satuan Tugas, angka kesembuhan pasien COVID-19 dan tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan di 10 provinsi pelaksana PPKM juga meningkat.

Indonesia sudah dapat 360 juta lebih dosis vaksin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa pemerintah Indonesia sudah mendapatkan suplai 360 juta dosis lebih vaksin COVID-19.

AstraZeneca menyatakan vaksinnya tidak mengandung produk hewani

Perusahaan biofarmasi AstraZeneca menyatakan bahwa vaksin COVID-19 buatannya tidak mengandung produk turunan babi maupun produk hewani lainnya dan proses produksi vaksinnya juga tidak bersentuhan dengan produk hewani.

Penasihat Menkopolhukam Adnan Ganto meninggal dunia

Penasihat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI sekaligus bankir dunia asal Aceh Dr (HC) H Adnan Ganto, MBA, meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, Selasa.

Vaksinasi COVID-19 sudah dilakukan pada 5,7 juta orang

Suntikan pertama vaksin COVID-19 sudah diberikan kepada 5.732.210 orang. Jumlah orang yang mendapat suntikan pertama vaksin bertambah 164.930 orang pada 23 Maret 2021.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021