Madrid (ANTARA News/AFP) - Bank tabungan bermasalah Spanyol, Caixa Girona, setuju Senin untuk menggabungkan diri (merger) dengan bank tabungan terbesar Spanyol, La Caixa, dalam merger terbaru bertujuan untuk menopang bank-bank nasional yang lemah.

Dewan Caixa Girona dengan suara bulat menyetujui merger dengan La Caixa, kata presiden Manel Serra kepada wartawan.

Kedua bank, yang keduanya berbasis di wilayah timur laut Catalonia, Spanyol, pekan lalu mengumumkan bahwa mereka dalam pembicaraan merger.

Awal bulan ini lembaga pemeringkat internasional Fitch menurunkan peringkat Caixa Girona menjadi BBB dari BBB+, menunjuk dampak ekonomi lemah dan keruntuhan gelembung properti pada kualitas asetnya.

Bank-bank Spanyol turun relatif ringan dari krisis subprime mortgage pada 2008 karena peraturan yang ketat di negara itu berarti mereka tidak melakukan investasi besar dalam pinjaman berisiko tinggi yang merugikan lembaga keuangan tempat lain.

Tetapi banyak, khususnya bank tabungan yang lebih kecil yang biasanya tidak terdaftar dikendalikan oleh politisi daerah, parah terkena runtuhnya booming pasar properti melalui pinjaman kepada pengembang dan hipotik.

Bank of Spanyol (bank sentral) telah menyerukan konsolidasi untuk bank-bank tabungan daerah jika mereka harus bertahan dalam krisis ekonomi, dan beberapa merger telah diambil atau sedang dinegosiasikan.

Awal bulan ini bank sentral mengambil alih satu bank tabungan bermasalah CajaSur, setelah gagal menyelesaikan rencana merger dengan bank lain. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010