Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, meminta kepolisian segera mengusut tuntas dugaan adanya tabung elpiji palsu yang beredar di masyarakat.

"Jika terbukti ada tabung gas palsu, maka kepolisian harus segera mengusut tuntas, kata Menko Kesra Agung Laksono usai memimpin rapat koordinasi tingkat menteri tentang Pekan Produk Kreatif Indonesia di Jakarta, Rabu.

Menteri menjelaskan, pihaknya pada saat ini masih menyelidiki penyebab kasus kebakaran akibat meledaknya tabung gas atau elpiji.

Hal itu didasari adanya beberapa kasus ledakan khususnya di kalangan masyarakat pengguna tabung gas tiga kilogram dalam beberapa waktu terakhir.

Agung menjelaskan, tim tersebut terdiri atas beberapa pihak terkait salah satunya Deputi II Menkokesra bidang koordinasi perlindungan sosial dan perumahan rakyat.

Tugas tim adalah melakukan penyelidikan penyebab terjadinya musibah yang menimbulkan korban jiwa dan luka termasuk kerusakan harta benda akibat meledaknya tabung gas.

Tim akan mencari fakta di lapangan apakah ledakan dikarenakan tabung gas cacat produksi atau akibat kurangnya pengetahuan warga mengenai cara menggunakan kompor gas yang baik atau bahkan karena adanya alasan lain.

"Sementara ini tim baru melakukan koordinasi mengenai penyebab ledakan, diantaranya adanya masalah di regulator dan kebocoran selang," katanya.

Menurut Agung tim akan terus mencari fakta di lapangan da melaporkan kepada Menko Kesra untuk segera ditidaklanjuti dan dicarikan jalan keluarnya.

(T.W004/Z002/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010