Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama mengatakan, Kamis, ia "sangat senang" untuk mengumumkan bahwa ia akan melakukan perjalanan yang telah dijanjikannya ke India pada awal November, untuk pertama kali menyebut secara khusus waktu bagi kunjungan itu.

Presiden telah diundang untuk melakukan perjalanan itu oleh Perdana Menteri Mahmohan Singh ketika ia mengunjungi Washington untuk kunjungan kenegaraan tahun lalu.

"Saya sangat senang untuk mengumumkan malam ini bahwa saya merencanakan untuk mengunjungi India pada awal November," kata Obama, pada resepsi di departemen luar negeri untuk menandai pembukaan Dialog Strategis India-AS.

Obama juga diperkirakan akan melakukan lawatan ke Korea Selatan pada November untuk pertemuan puncak G20 dan ke Jepang untuk pertemuan puncak APEC.

Tapi ada spekulasi ia mungkin akan terpaksa untuk menangguhkan perjalanan yang djadwalkan sekarang ke Indonesia dan Australia bulan ini, ketika ia berjuang untuk mengatasi bencana minyak di Teluk Meksiko, demikian AFP.

(Uu.SYS/S008/H-AK/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010