Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010 dengan para pahlawan lingkungan Indonesia.

Acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu diselenggarakan bersamaan dengan penyerahan anugerah lingkungan hidup Kalpataru di Istana Negara, Selasa pagi.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut antara lainAni Yudhoyono, Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta dan Mensesneg Sudi Silalahi.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati pada 5 Juni setiap tahunnya sejak PBB mengadakan Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm pada tahun 1977.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diselenggarakan di bawah kordinasi United Nations Environmental Programme (UNEP), yang dibentuk PBB sejak 1977.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2010 ini, mengangkat tema "Many Species. One Planet. One Future" (Banyak Species. Satu Planet. Satu Masa Depan).

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010, sebagaimana dilansir dari situs resmi UNEP dipusatkan di kota Kigali, ibu kota Rwanda, sebuah negara di Afrika Timur.

Tema itu berhubungan dengan pencanangan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati dengan COP 10 Convention on Biological Diversity (CBD) di Nagoya, Jepang yang berlangsung pada 18-29 Oktober 2010.

"Many Species. One Planet. One Future" diharapkan mampu mengajak seluruh dunia untuk melestarikan keragaman kehidupan di bumi serta memberikan kesadaran bahwa sebuah dunia tanpa keanekaragaman hayati adalah prospek yang sangat suram.

Jutaan orang dan jutaan spesies berbagi bersama dalam satu planet yang sama, dan hanya dengan bersama-sama semua bisa menikmati masa depan yang lebih aman dan lebih makmur.
(G003*D012/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010