Semarang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Semarang mempersiapkan pembangunan tanggul pantai, untuk menangani permasalahan air laut pasang atau rob, kata Soemarmo, Wali Kota Semarang terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Semarang 2010, di Semarang, Selasa.

"Masih secara pribadi, saya pada 9 hingga 14 Juni 2010 diundang Pemerintah Korea Selatan untuk melihat keberhasilan pembangunan tanggul pantai di sana," katanya.

Soemarmo mengatakan, permasalahan rob tidak hanya terjadi di Kota Semarang, akan tetapi juga terjadi di daerah lain. Pemerintah Indonesia, kemudian bekerja sama dengan Pemerintah Korea untuk membangun tanggul pantai.

"Tiga daerah yang akan menjalani pembangunan tanggul pantai yakni Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Kota Semarang menjadi daerah pertama pembangunan tanggul pantai," katanya.

Soemarmo menambahkan, sebenarnya pemerintah pusat maupun pemerintah daerah telah berupaya banyak untuk penanganan rob di Kota Semarang di antaranya proyek Waduk Jatibarang dan normalisasi sungai.

"Di Kota Semarang, area yang sudah terendam rob mencapai 3.000 hektare. Jika rob ingin selesai, maka diperlukan tanggul pantai," katanya.

Terkait pembangunan fisik tanggul pantai, tambah Soemarmo, diperkirakan dilakukan pada tahun 2012.(*)

(U.N008/Z002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010