Jayapura (ANTARA News) - Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli bersama para pemuka agama Kristen, Katolik, Islam, Hindu dan Budha menurut rencana menanam anakan pohon simbol "Kerukunan Beragama" di arena Festival Danau Sentani (FDS), kawasan wisata Kalkote,Sentani Timur,Kabupaten Jayapura,Papua pada Minggu (13/6) nanti.

"Anakan pohon ini merupakan sumbangan dari PT Freeport Indonesia sebagai bagian dari program Peduli Freeport pada pelestarian lingkungan hidup demi masa depan Papua," kata Bupati Jayapura,Habel Melkias Suwae,S.Sos.MM kepada ANTARA di Jayapura, Rabu.

Bupati Habel mengatakan, walaupun pesta budaya akbar tahunan Festival Danau Sentani bertemakan Loving Culture For Our Future baru akan digelar pada 19-23 Juni namun seminggu sebelum perhelatan budaya itu, masyarakat Kabupaten Jayapura sudah disibukkan dengan berbagai atraksi seni budaya dan kunjungan tamu negara, wisatawan mancanegara (Wisman) dan wisatawan Nusantara (Wisnu).

Dubes Vatikan Mgr Leopoldo Girelli, lanjut Bupati Habel datang ke Papua dalam rangka kunjungan kegembalaan atau lawatan Pastoral kepada umat Katolik di wilayah ini khususnya melakukan temu rohani dengan para pastor di wilayah Keuskupan Jayapura dan Keuskupan Agung Merauke yang dimulai pada 11 Juni dan berakhir pada 20 Juni 2010.

Selama kunjungan pastoralnya di Keuskupan Jayapura, Dubes Vatikan lebih banyak menghabiskan waktunya di Sentani,ibukota Kabupaten Jayapura sehingga sebagai tuan rumah yang baik,tentu saja kedatangan pejabat Negara Vatikan ini tidak dibiarkan berlalu begitu saja sehingga Pemerintah Kabupaten Jayapura berencana menjamu Dubes Vatikan bersama para pemuka agama di tanah Papua.

"Dubes Vatikan pun sangat ingin melihat langsung persiapan pesta budaya FDS sehingga beliau berkenan datang ke arena FDS di kawasan Kalkote untuk menyaksikan berbagai atraksi seni-budaya Papua dan budaya Nusantara. Pada kesempatan inilah, Pemkab Jayapura bekerjasama dengan PTFI dan Keuskupan Jayapura memprakarsai acara penanaman pohon simbol kerukunan antarumat beragama. Usai menanam pohon,Dubes dan rombongan menumpang kapal pesiar mengitari Danau Sentani," katanya.

Setelah mengitari Danau Sentani menikmati keindahan panorama danau dan mengunjungi kampung-kampung wisata, Dubes Vatikan akan bertandang di Rumah Makan "Dapur Papua" dan pada kesempatan inilah, Pemkab Jayapura menjamu santap malam bersama Dubes Vatikan dan para pemuka agama.

Menurut rencana, pada kesempatan FDS ini, PTFI menyumbangkan sedikitnya 2.500 anakan pohon antara lain pohon sagu, trumbesi dan anakan pohon linggua.

PTFI juga menyediakan sekitar 400 buah baju kaos untuk dibagi-bagikan kepada warga masyarakat yang hadir pada acara penanaman anakan pohon itu dan umbul-umbul untuk menyemarakkan kunjungan Duta Besar Vatikan Mgr Leopoldo Girelli pada Minggu (13/6) dan puncak FDS pada 19-23 Juni mendatang.(KR-HLM/P007)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010