Sentani (ANTARA News) - Rumah Sakit Umum Daerah Yowari milik Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, terus memperbaiki pelayanan kesehatan dengan menambah ruangan VIP dan kelas satu.

"Kami berusaha terus memperbaiki layanan kesehatan bagi siapapun yang datang berobat di sini," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari dr. Nikodemus Barens, di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Rabu.

Ia menjelaskan, dengan adanya ruang khusus tersebut didukung tenaga dokter yang cukup untuk rumah sakit tipe C pelayanan kesehatan akan semakin membaik.

Di samping itu mulai pada tahun 2010 diadakan dokter piket di setiap bangsal yang selalu siap setiap malam. Selama ini dokter piket hanya diadakan di bangsal bersalin dan unit gawat darurat (UGD) saja.

Mengenai perlengkapan medis, ia mengatakan, sebenarnya peralatan medis sudah lengkap dibandingkan dengan rumah sakit lainnya yang ada di daerah itu.

Rumah Sakit Yowari juga dilengkapi dengan ruangan pemeriksaan penyakit HID/AIDS dan gedung Farmasi yang rencananya akan dibangun pada tahun ini juga.

RSUD Yowari melakukan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin di daerah itu dengan sumber dana dari Otonomi Khusus (Otsus) yang dianggarkan setiap tahun. (HLM/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010