Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Indonesia harus mampu membuktikan kredibilitasnya dalam mengelola anggaran khususnya dalam kerangka kerjasama antar negara.

"Terus terang masyarakat dunia belum percaya benar pada institusi di negara berkembang apakah dana yang dialirkan kredible, tidak ada penyimpangan dan dijalankan dengan baik," kata Presiden dalam sidang kabinet di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis.

Presiden meminta instansi-institusi membuktikan anggapan itu tidak benar. "Saya minta tidak kecil hati dan tidak marah," katanya.

Presiden mengungkapkan telah meyakinkan dunia pada pertemuan Oslo kemarin b bahwa tidak semua lembaga nasional tidak kredible.

"Saya contohkan BRR yang mengelola Rp70 triliun. Dikelola bagus dan menjadi contoh dan rujukan, sambil memastikan institusi betul kredible, maka kita diplomasi jangan pukul rata. intinya trust (kepercayaan," katanya.

Presiden mengatakan, Indonesia terus melakukan perubahan dan reformasi sehingga kepercayaan dunia terus meningkat secara signifikan.

"Mari kita pastikan semua yang harus memiliki tingkat kredibilitas global diwujudkan dan dijalankan. Saya ajak semua institusi bisa lakukan itu," tegasnya.(*)

P008/R010/AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010