Semarang (ANTARA News) - Berat badan pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, menjelang persiapan menghadapi Fernando David Saucedo (Argentina) di Jakarta, 26 Juli 2010, masih antara 58-59 kilogram.

"Waktu pertarungan masih lama sehingga berat badannya diatur seperti itu," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Jumat.

Berat badan petinju yang tampil di kelas bulu adalah 57,1 kilogram, sedangkan pertarungan Chris John melawan El Vasco (panggilan Fernando David Saucedo) masih lebih dari satu bulan lagi.

Saat ini petinju dengan rekor bertarung 43 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri tersebut menjalani latihan di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia, di bawah asuhan pelatih sekaligus manajernya Craig Christian.

Ketika ditanya soal kondisi cedera bahu kirinya saat latihan dengan teman latih tanding atau "sparring partner" Williem Kickett di Bali, dia mengatakan, sudah baik dan sudah tidak ada masalah.

"Cedera sudah baik dan sudah bebas untuk memukul. Ini saya baru selesai latihan," kata petinju yang terakhir kali mempertahankan gelarnya dengan menang angka mutlak atas petinju tuan rumah, Rocky Juarez, di Las Vegas, Nevada Amerika Serikat, 19 September 2009 itu.

Saat ini suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati, tersebut lebih fokus latihan untuk peningkatan fisik sambil menunggu kedatangan petinju Indonesia yang akan dijadikan "sparring partner".

"Satu minggu lagi petinju untuk `sparring poartner` akan datang. Sekarang ini saya tetap latihan fisik dan teknik tetapi belum dengan `sparring`," kata ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut.

Calon lawan Chris John pada pertarungan mendatang berdasarkan daftar peringkat yang dikeluarkan WBA pada April 2010 menempati peringkat ke-15.

Pertarungan melawan El Vasco itu merupakan yang ke-13 kali bagi Chris John dalam rangka mempertahankan gelarnya sejak merebut gelar juara dunia kelas bulu WBA dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon, pada pertarungan di Bali, 2003. (*)
(U.H015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010