Montreal (ANTARA News/Reuters) - Pembalap McLaren Lewis Hamilton mencatat waktu tercepat untuk merebut posisi start terdepan (pole) untuk kejuaraan Formula Satu Grand Prix Kanada dan mengakhiri keperkasaan Red Bull, Sabtu.

Pembalap Inggris itu mengelilingi sirkuit Gilles Villeneuve dalam waktu satu menit 15,105 detik untuk mengakhiri harapan Red Bull menempati posisi "pole" untuk kedelapan kalinya secara beruntun.

Pembalap Australia Mark Webber, pemimpin klasemen balapan yang selalu menempati pole selama tiga balapan terakhir, harus puas berbagai posisi di barisan depan dengan juara dunia 2008 setelah dia mencatat waktu tercepat kedua.

Rekan setim Webber Sebastian Vettel asal Jerman menempati posisi ketiga dan pembalap Fernando Alonso di tim Ferrari di posisi keempat.

Sementara itu rekan setim Hamilton yang juga juara bertahan Jenson Button di posisi kelima.

Posisi start terdepan itu merupakan yang ketiga secara beruntun bagi Hamilton pada balapan di Montreal, yang tahun lalu dihilangkan dari kalender Formula Satu. Pembalap berusia 25 tahun itu memenangi balapan pertamanya di sini pada 2007.

Sementara Red Bulls selalu menjadi yang tercepat pada setiap balapan musim ini, McLaren menggeser mereka di Kanada ini karena lintasan lurus yang panjang di sirkuit jalan raya itu dan juga tikungan tajam yang lebih pas bagi mobil-mobil mereka.

McLaren mendominasi sesi latihan, mencatat waktu tercepat pada dua dari tiga sesi latihan, namun Red Bull sempat mengancam mereka saat Webber menjadi yang tercepat dengan waktu 1:15.373 saat sisa waktu kualifikasi tinggal beberapa detik lagi.

Hamilton melewati garis finish sesaat sebelum sesi kualifikasi itu berakhir dan mengalahkan catatan waktu Webber sekaligus merebut posisi pole dia yang ke-18 dan yang pertama sejak di Abu Dhabi tahun lalu.

(Uu.SYS/I015/Z002/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010