Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy mengatakan bahwa partai berlambang ka`bah tersebut belum memutuskan jadwal mukmatar apakah tetap 2012 atau dipercepat menjadi 2011.

"Jika seluruh rangkaian konsolidasi internal partai bisa selesai sesuai jadwal pada Februari 2011, maka terbuka kemungkinan untuk percepatan pelaksanaan mukmatar menjadi Juni 2011," kata Romahurmuziy di Gedung DPR, Jakarta, di Gedung DPR, Jakarta, Senin.

Romy, panggilan akrab Romahurmuziy menjelaskan, sesuai keputusan musyawarah kerja nasional Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Medan pada Januari lalu memutuskan konsolidasi internal partai dilakukan dari bawah ke atas hingga Februari 2011.

Menurut dia, jadwal konsolidasi internal PPP itu dimulai dari musyawarah ranting di tingkat desa/kelurahan pada Februari hingga Juni 2010, kemudian musyawarah anak cabang di tingkat kecamatan pada Juli hingga September 2010.

Setelah itu, katanya, diselenggarakan musyawarah cabang di tingkat kabupaten/kota pada Oktober hingga Desember 2010, serta musyawarah wilayah di tingkat provinsi pada Januari hingga Februari 2011.

"Jika seluruh seluruh rangkaian konsolidasi bisa selesai sesuai jadwal, maka mukmatar yang seharusnya diselenggrapan pada 2012 terbuka kemungkinan dipercepat menjadi Juni 2011," kata Sekretaris Fraksi PPP DPR ini.

Menurut dia, dalam rapat pengurus harian pusat belum memutuskan soal pelaksanaan mukmatar PPP, karena pelaksanaan konsolidasi internal partai sulit menyelesaikannya sesuai jadwal.

"Ada saja kendala yang mungkin terjadi di daerah," katanya.

Percepatan pelaksanaan muktamar, menurut dia, ada keuntungannya bagi PPP yakni bisa lebih memantapakan persiapan menghadapi Pemilu legislatif 2014.

Sekretaris Jenderal PPP Irghan Chairul Mahfiz mengatakan, pengurus harian pusat PPP belum membuat keputusan akan mempercepat pelaksanaan mukmatar PPP.

Menurut dia, isu yang mengeyebutkan pelaksanaan mukmatar PPP akan dipercepat adalah tidak benar.

Pelaksanaan mukmatar PPP akan tetap pada 2012 atau dipercepat, kata dia, tergantung situasi yang berkembang pada musyawarah wilayah yang baru akan diselenggarakan pada awal 2011.

"Sampai saat ini jadwal pelaksanaan mukmatar masih seperti semula yakni pada 2012," kata Irghan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR ini mengatakan, saat ini PPP sedang melakukan konsolidasi internal guna menghadapi Pemilu 2014.

Apalagi, katanya, pada Pemilu mendatang ada partai yang mengusulkan meningkatkan batas ambang keterwakilan partai politik di parlemen atau "parliamentary threshold" sampai lima persen.

"PPP akan menyikapi usulan ini dengan menyerap aspirasi dari daerah," kata Irghan.

(T.R024/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010