Jakarta  (ANTARA News) - Peraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008, Maria Kristin, tidak lolos ke babak utama Singapura Terbuka Super Series setelah tersisih di babak kualifikasi.

Pada pertandingan yang digelar di Singapore Indoor Stadium, Singapura, Selasa, Maria yang menjadi unggulan keempat pada kualifikasi ini kalah dari pemain China Li Xuerui 14-21, 21-14, 21-23.

Li adalah pebulu tangkis yang maju dari babak kualifikasi untuk meraih gelar di Kejuaraan Asia pada April 2010 .

Maria, peringkat 59 dunia, hanya mampu menyamakan kedudukan sekali pada game pertama, 13-13 sebelum kembali tertinggal dan menyerah 14-21. Namun ia merebut game kedua dengan skor yang sama untuk menyamakan kedudukan.

Game penentuan berlangsung ketat. Meskipun Li sempet unggul 12-6 di pertengahan game tersebut, Maria merperketat angka hingga kedudukan 21-21 sebelum pemain China peringkat 75 dunia tersebut memenangi dua poin terakhir.

Kekalahan juga dialami ganda campuran Hendra Setiawa (Indonesia)/Anastasia Russkikh (Rusia) yang menjadi unggulan kedua pada kualifikasi.

Pasangan yang baru pertamakali berduet itu dikalahkan ganda Pelatnas Tontowi Ahmad/Greysia Polii juga dalam tiga game 18-21, 21-16, 18-21.

"Masih kurang kompak, tetapi untuk pertamakali main, sudah lumayan lah," ujar Hendra usai pertandingan.

Sementara itu dua ganda campuran, Markis Kido/Lita Nurlita dan Tontowi Ahmad/Greysia Polii lolos ke babak utama setelah melalui kualifikasi dengan mulus.

Kido/Lita yang menjadi unggulan pertama pada kualifikasi, maju ke babak utama setelah mengalahkan pasangan Singapura Jeffrey Wong/Thng Ting Ting 21-14, 21-8 dan selanjutnya menang atas Wu Chun Wei/Hung Shih Han 21-23, 31-7, 21-18 pada final kualifikasi.

"Terlalu ingin terus menyerang mainnya," kata Kido mengenai kekalahan pada game pertama. Namun pada game berikutnya Lita sudah mampu menguasai permainan di depan sehingga lebih mudah untuk meraih kemenangan.

Pada babak utama, Kido/Lita akan melawan pasangan Pelatnas Tontowi/Greysia yang setelah mengalahkan Hendra/Anastasia, mereka menundukkan pasangan China Liu Xiaolong/Luo Ying 21-15, 21-12 untuk meraih tempat di babak utama.

Soal pertemuan di putaran pertama tersebut, Kido tidak banyak berkomentar. "Ya main saja," katanya.

Babak utama turnamen berhadiah total 200.000 dolar AS itu akan dimulai, Rabu.
(T.F005/T009/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010