Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, mulai berlatih dengan sparring partner untuk persiapan menghadapi penantangnya, Fernando David Saucedo dari Argentina di Jakarta, 26 Juli 2010.

"Saya mulai berlatih dengan sparring partner yaitu petinju setempat, Garet, sambil menunggu kedatangan petinju Indonesia yang akan menjadi sparring partner-nya," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Rabu.

Suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati tersebut, mengatakan sparring partner dengan Garet masih bersifat ringan atau hanya berlangsung beberapa ronde saja.

Pada persiapan sebelumnya, Chris John mendapat "sparring partner" dari petinju Sasana Mirah Boxing Camp milik Zaenal Thayeb yang juga menjadi promotor pertarungan Chris John melawan Fernando, yaitu Thomas dan Sahlan, kemudian ditambah Williem Kickett (Herry`s Gym).

Ketiga petinju itu menjadi teman latih Chris John mulai saat berlatih di Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia, hingga di Bali, sebelum akhirnya Chris John mengalami cedera saat melakukan "sparring" dengan Kickett yang berakibat pertarungan perebutan gelar itu diundur menjadi 26 Juli 2010 dan tempatnya juga dipindah dari Bali ke Jakarta.

Sejak akhir Mei 2010, petinju yang memiliki rekor bertarung 43 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri ini menjalani latihan di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia di bawah asuhan pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian.

Dia mengatakan, awal Juli 2010 dia akan kembali ke Indonesia dan melanjutkan latihan di Jakarta sampai menjelang pertarungan melawan Fernando.

"Tetapi, saya belum tahu tanggal kepastiannya untuk kembali dan melanjutkan latihan di Jakarta," kata petinju yang terakhir mempertahankan gelarnya setelah menang dengan angka mutlak atas petinju Amerika Serikat, Rocky Juarez, 19 September 2009.

Pertarungan melawan El Vasco (panggilan akrab Fernando David Saucedo) mendatang adalah ke-13 kalinya bagi Chris John dalam upaya mempertahankan gelarnya setelah merebut gelar juara dunia kelas bulu WBA dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon, di Bali 2003.

Dari 12 kali pertarungan perebutan gelar sebelumnya, lima kali dilalui melalui pertarungan wajib atau "mandatory fight" dan tujuh kali pertarungan pilihan.

Duel melawan El Vasco di Jakarta mendatang merupakan pertarungan pilihan kedelapan bagi petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah tersebut. (*)

H015/R010

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010