Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun ini menaikkan jumlah mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi 700 orang.

"Jumlah mahasiswa baru dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri 2010 itu naik dibandingkan tahun lalu yang hanya 300 orang," kata Direktur Administrasi Akademik UGM Dr. Budi Prasetyo Widyobroto di Yogyakarta, Rabu.

Meskipun demikian, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dilakukan secara selektif sehingga hanya calon mahasiswa yang bernilai seleksi tertinggi yang akan diterima.

Ia mengatakan, persaingan dalam SNMPTN 2010 lokal Yogyakarta juga cukup ketat, karena ada kenaikan jumlah peserta sekitar 30 persen. Tahun ini peserta SNMPTN hampir mencapai 21.000 orang, naik dibandingkan tahun lalu yang hanya 15.000 orang.

"Pendaftaran dengan sistem `online` tampaknya menjadi faktor yang cukup berpengaruh terhadap kenaikan jumlah peserta SNMPTN 2010 dibandingkan dengan tahun lalu," katanya.

Menurut dia, sistem itu mempermudah peserta melakukan pendaftaran dan jangkauan akses lebih luas dibanding dengan pendaftaran secara manual.

"Panitia SNMPTN 2010 memang memperluas pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian dari proses pendidikan," katanya.

Ia mengatakan, dengan sistem "online" akan mendidik masyarakat memiliki "jalur" jujur sekaligus menghemat biaya, efisien, dan efektif.(*0

B015/Z003

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010