PBB (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Kamis mengatakan, pihaknya akan mengambil alih bantuan kemanusiaan dari tiga kapal Turki bertujuan Gaza yang ditahan oleh pasukan Israel bulan lalu, dan mendistribusikan pasukan kemanusiaan itu.

"PBB telah memperoleh izin dari pemilik kargo tiga kapal berbendera Turki itu untuk dimiliki dan bertanggungjawab terhadap seluruh barang serta menjamin pendistribusiannya di Gaza untuk tujuan kemanusiaan," kata Robert Serry, koordinator khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, dalam penjelasan kepada Dewan Keamanan PBB.

"Saya ingin mengumumkan bahwa PBB bersedia menerima tanggungjawab ini berdasarkan dalih hal yang luar biasa," kata Serry.

"Kami punya alasan untuk percaya bahwa penguasa de facto di Gaza akan menghargai kenetralan program PBB mengenai masalah ini."

Dia mengatakan, ke-15 negara anggota DK menyetujui pemerintah Israel melimpahkan seluruh kargo kepada PBB di Gaza "berdasarkan kesepahaman bahwa barang bantuan itu akan PBB salurkan penggunaan kemanusiaannya di Gaza."
(Uu.H-AK/B002/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010