Pangkalpinang (ANTARA News) - Sebanyak 10.343 pengajar dari 14.539 guru di Provinsi Bangka Belitung belum berijazah strata satu.

Kepala Dinas Pendidikan Babel, Rivai, Pangkalpinang, Rabu, mengatakan provinsi ini baru memiliki 4.196 guru sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang berijazah S-1.

Namun, kata dia, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini sekitar 3.000 guru sudah meningkatkan kualitas dan profesionalisme sebagai seorang pengajar.

Upaya untuk memenuhi kualifikasi akademik S-1 bagi guru di provinsi itu, pihaknya menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi.

Pada tahun ini, kata dia, Dinas Pendidikan Babel bekerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) dalam pelaksanaan program kualifikasi para guru yang disesuaikan dengan jurusannya.

"Jika jurusan itu ada di UT, kualifikasi dilakukan di UT saja. Namun, bila tidak ada, kami bekerja sama dengan Universitas Srwijaya (Unsri) Palembang," katanya menjelaskan.

Ia menargetkan semua guru di Babel berpendidikan S-1 dan memiliki kualifikasi ilmu di bidangnya masing-masing sehingga lebih profesional dalam mendidik. (HDI/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010