Jakarta,17/6 (ANTARA)- Pagelaran Ride of Silence yang seyogyanya dilakukan tiap 1 Mei secara Internasional di lebih dari 20 negara di dunia merupakan bentuk himbauan dari pesepeda kepada pengguna kendaraan bermotor untuk saling berbagi jalan, kali ini dilakukan Jumat 18 Juni 2010 dengan melibatkan seluruh pesepeda dari berbagai komunitas, maupun yang selama ini tidak menggabungkan diri di komunitas manapun. Pesepeda akan melakukan "perjalanan diam" ini dari bundaran HI menuju pusat acara yang berlokasi di Taman Ayodya-Barito.

     Seluruh taman akan dipenuhi lilin, baik didarat maupun diatas danau; pendirian monumen Ghost bike secara simbolis yang nantinya akan secara permanent diletakan disalah satu sudut taman ayodya; serta pembacaan petisi pesepeda terkait keselamatan di jalan raya sebagai sebuah gerakan moral yang tidak akan berhenti hanya oleh sebuah kepastian bernama kematian.

     Monumen Ghost Bike sendiri merupakan tugu peringatan bagi pesepeda yang tewas dijalan raya, dalam bentuk tiang bendera, hanya digantikan sepeda, yang akan dinaikan setengah tiang tiap kali terdapat kejadian yang mengakibatkan kematian. Monumen ini pula dilengkapi nama-nama korban. Daftar nama-nama korban sendiri akan terus diupdate seiring jumlah kecelakaan yang terjadi. Dengan begitu, monumen ini akan berfungsi ganda, yaitu "situs" peringatan bagi pesepeda; pengguna kendaraan bermotor dijalan raya agar menghargai pengguna sepeda, sekaligus juga catatan sejarah.

     Acara akan dimulai pukul 19:30 dan berakhir paling lambat pukul 22:00. Pesepeda yang hadir akan menandatangani kain putih sebagai symbol registrasi dan keterlibatan, diberikan sticker gratis untuk ditempel di sepedanya lalu bersama mengikuti seluruh rangkaian acara, diantaranya adalah pembacaan petisi oleh seluruh pesepeda yang hadir.

     Acara bersejarah dan pertama Di Indonesia ini murni sebagai bentuk keprihatinan dan ajakan moral dari para pesepeda, segala proses dijalankan oleh pesepeda, dan diberikan bagi seluruh pesepeda dan masyarakat Indonesia. Tidak ada sponsor dari manapun, tidak pula terkait dengan politik praktis dalam bentuk apapun.

     Acara ini terbuka untuk semua, bisa mengikuti ride of silence dari bundaran HI pada hari Jumat, 18 Juni 2010 pukul 18:30, atau dipersilahkan datang langsung menuju Taman Ayodya, pada tanggal dan jam yang sama. Peserta diharapkan menggunakan kostum putih dengan mengenakan pita hitam dilengan kanan sebagai perlambang keprihatinan.

     12 Juni lalu 2010 lalu, saudara kita pesepeda dari Tangerang Selatan, Adi "Adara" Nagara - (27 tahun) yang biasa disapa Aga, tewas saat bersepeda di Jl. Raya Gunung Sindur, Bogor, akibat kelakuan ugal-ugalah pengemudi mobil, padahal waktu kejadian, almarhum berada pada sisi paling kiri dan menggunakan perlengkapan keselamatan lengkap.

     Dengan pagelaran acara ini, kami, pesepeda berharap, agar tidak ada ada Aga-Aga yang lain, dan semoga daftar korban di monumen Ghost Bike tidak bertambah panjang.

Komunitas terlibat:
- Pesepeda tanpa komunitas
- Sepedaku.com
- Pesepeda dari komunitas ID-Foldingbike
- Pesepeda dari KOBA (Komunitas Onthel Batavia)
- ID-Fixed, pengguna sepeda Fixie
- Walikota Jaksel yang juga pesepeda
- B2W Indonesia

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010