Jayapura (ANTARA News) - Asosiasi Wisata dan Agen Perjalanan Indonesia (ASITA) Papua mendukung Festival Danau Sentani (FDS) dengan mempromosikan event wisata Kabupaten Jayapura, Papua itu ke sejumlah biro perjalanan di negara-negara Eropa dan belahan dunia lainnya.

"Kami sudah menjual paket wisata FDS ke Eropa dan agen-agen perjalanan wisata dalam negeri dikombinasikan dengan paket wisata di luar Jayapura seperti Festival Lembah Baliem di Wamena dan Festival Budaya Asmat," kata Ketua ASITA Papua, AU Sitepu di Jayapura, Jumat.

Meski begitu, Sitepu tidak mengharapkan hasil tiba-tiba dan masih perlu kerja keras untuk bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Papua.

"Tahun ini mungkin kita belum merasakan dampaknya, mudah-mudahan ke depan akan jauh lebih banyak turis asing yang datang dengan promosi yang makin gencar," katanya.

Menurut Sitepu, untuk mendongkrak kunjungan wisatawan asing ke Papua dalam ajang FDS, Pemkab Jayapura perlu menjadikan ajang tersebut sebagai kalender tahunan.

"Kalau kegiatan ini bisa menjadi event atau kalender tahunan, sudah pasti akan banyak wisatawan asing datang ke Jayapura. Apalagi wisatawan asing itu membutuhkan perencanaan sebelum bepergian," jelas Sitepu.

Ia mengatakan, keterlibatan anggota ASITA dalam menjual paket wisata FDS merupakan bentuk kepedulian anggota organisasi tersebut sebagai mitra pemerintah dalam mendukung program pariwisata daerah.

"Tanpa kerja sama dengan Pemkab Jayapura pun kita sudah pasti menjual paket wisata FDS. Hal serupa juga kami lakukan untuk kegiatan Festival Lembah Baliem dan Festival Budaya Asmat," katanya.

Sitepu mengatakan, untuk penyelenggaraan FDS tahun ini anggota ASITA belum mendapat pesanan dari agen-agen perjalanan di luar negeri. Meski begitu, katanya, kegiatan tersebut sangat positif dalam mendongkrak promosi wisata ke Papua.

"Untuk mendatangkan wisatawan manca negara butuh waktu yang cukup lama. Namun ajang ini sangat positif untuk kegiatan promosi Papua," jelas Sitepu.

ASITA Papua memiliki 50 anggota biro wisata dan agen perjalanan yang tersebar di seluruh Papua. Di Kota dan Kabupaten Jayapura sendiri, anggotanya tercatat sekitar 30-an.

Mengingat kondisi kunjungan wisatawan ke Indonesia terutama ke Papua saat ini sepi, menurut Sitepu, sebagian besar anggota ASITA lebih banyak menangani kegiatan yang bersifat in bond tour.

Kegiatan FDS ke-III akan berlangsung Sabtu (19/6) hingga Rabu (23/6) yang direncanakan dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik.

Selama penyelenggaraan FDS, akan digelar pentas seni budaya serta kuliner masyarakat sekitar Danau Sentani Jayapura.

(T.E015/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010