Jakarta (ANTARA News) - AOL Inc akan menjual situs jejaring sosial Bebo kepada perusahaan investasi swasta, Criterion Capital Partners, dengan nilai tidak disebutkan, sebagai langkah merestrukturisasi bisnis dan kesepakatan karena pendapatan yang menurun.

Pengumuman pada Kamis muncul karena AOL telah mencoba merampingkan operasi sejak dipisahkan (spin off) dari Time Warner Inc tahun lalu. AOL telah berjuang dalam penurunan bisnis akses internet dan pendapatan iklan yang melemah.

Pada April, AOL mengatakan berencana menjual atau menutup Bebo yang telah dibeli lebih dari dua tahun lalu senilai 850 juta dolar.

The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan bahwa penjualan Bebo mungkin akan mendatangkan keuntungan kecil dari apa yang dibayarkan AOL sebelumnya.

AOL mengatakan, kesepakatan itu akan memberinya pengurangan pajak berarti, dan diperkirakan akan meraih penangguhan pajak aset dan keuntungan keuntungan sekitar 275 juta dolar hingga 325 juta dolar pada kuartal kedua.

Bebo, didirikan di San Francisco meraih popularitas di Britania Raya tetapi tidak pernah memiliki daya tarik di Amerika Serikat dan akhir-akhir ini juga telah kehilangan pengguna yang beralih ke situs pesaing seperti Facebook dan Twitter.

AOL pada April menggambarkan Bebo sebagai bisnis yang melemah dan membutuhkan investasi yang signifikan tidak dalam posisi provider.

Seorang managing partner Criterion Capital Partners, Adam Levin, yang memimpin akuisisi mengatakan pada Kamis bahwa Bebo adalah situs media yang menarik karena "masih muda, basis pengguna yang sangat aktif, sejarah pendapatan, keberadaan di negara-negara di seluruh dunia, dan infrastruktur teknis yang solid."

(Adm/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010