Jayapura (ANTARA News) - Sedikitnya 210 personel Polres Kabupaten Jayapura dan TNI dikerahkan untuk mengamankan pesta budaya Festival Danau Sentani (FDS) 2010 di kawasan wisata Pantai Kalkhote, Distrik Sentani Timur.

Wakil Kapolres Jayapura Kompol Chris Busung di Jayapura Sabtu mengatakan, para petugas keamanan itu akan disebar ke beberapa lokasi di antaranya Bandara Sentani, pintu masuk lokasi FDS di Kampung Kalkhote serta lembah dan gunung di sekitar Sentani.

"Pengamanan FDS melibatkan semua satuan di jajaran Polres termasuk bantuan anggota Brimob serta prajurit TNI," ujar Chris Busung.

Ia menyebutkan, ke-210 personel Polri dan TNI itu akan bertugas selama FDS berlangsung, 19 hingga 23 Juni 2010.

Wakapolres mengharapkan masyarakat menjaga situasi kamtibmas yang kondusif hingga pesta budaya FDS berlangsung tertib, aman dan lancar hingga hari terakhir.

"Saya himbau semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif supaya pesta budaya ini mampu menarik kunjungan wisatawan," ujarnya.

Keberhasilan FDS 2010, menurut dia, akan memberikan citra positif bagi Kabupaten Jayapura yang sedang giat membangun di sektor kepariwisataan.

"Jajaran Polres Jayapura siap membantu pengamanan FDS sampai selesai. Jika ada warga yang melanggar aturan akan ditindak tegas," ujarnya.

Ribuan masyarakat Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura memadati Kampung Kalkhote untuk menyaksikan pembukaan FDS 2010.

(T.M039/R007/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010