Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Jayapura mengajak sejumlah pengunjung Festival Danau Sentani (FDS) 2010 untuk menikmati keindahan Danau Sentani dengan kapal pesiar, terutama menikmati kampung wisata yang terletak di bibir danau itu.

Kapal pesiar KM Onomi I dan II dengan kapasitas penumpang maksimal 25 orang siap membawa pengunjung berkeliling menikmati indahnya Danau Sentani.

"Para pengunjung terdiri atas para tamu khusus, serta penyelenggara FDS yang akan merasakan panorama danau Sentani dari atas kapal pesiar milik Pemerintah Kabupaten Jayapura," kata Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae di Jayapura, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan itu bertujuan membantu para pengunjung FDS, wisatawan asing dan domestik melihat pemandangan danau Sentani pada siang hari, sekaligus mempromosikan objek wisata yang terletak di wilayah itu, yakni kampung-kampung wisata.

"Di kapal pesiar milik Pemkab Jayapura tersebut sejumlah pengunjung FDS III 2010 dapat melihat dengan jelas kampung-kampung wisata yang terletak di bibir danau Sentani, sekaligus dapat mengobati kejenuhan pengunjung yang menghadiri beragam undangan FDS di darat" ujarnya.

Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae mengatakan, Festival Danau Sentani (FDS) diharapkan menjadi sarana promosi ampuh pariwisata daerah untuk menarik kunjungan wisatawan dan investor membangun daerah ini.

"Kegiatan FDS sebagai ajang menggali, melestarikan serta memperkenalkan budaya khas Jayapura," ujarnya

Bupati mengatakan, FDS 2010 yang akan berlangsung 19-23 Juni akan menyajikan berbagai atraksi budaya masyarakat dari berbagai kampung di Jayapura dan daereah lain di dalam dan luar Papua.

Selain memperkenalkan beragam budaya khas Jayapura, festival ini juga mengelar pameran produksi pertanian, kuliner khas Papua, serta benda-benda seni dan budaya.

"Saya mengajak semua masyarakat adat Kabupaten Jayapura turut serta menyukseskan kegiatan FDS supaya kegiatan ini dapat memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian warga sekitar," katanya.

(KR-ALX/Z003/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010