Teheran (ANTARA News/IRNA-OANA) - Menteri luar negeri Iran dan Turki membahas taktik-taktik lain dalam mendukung Deklarasi Teheran sebagai pilihan yang layak dan tepat untuk menghadapi kegagalan serta pendekatan yang kontradiksi melalui telepon.

Menurut laporan bagian media Departemen Luar Negeri Iran Sabtu, Menteri Luar Negeri Manouchehr Mottaki dan timpalannya dari Turki Ahmet Davutoglu juga saling bertukar pandangan mengenai kesinambungan konsultasi-konsultasi mengenai Deklarasi Teheran.

Mottaki juga memuji para pejabat senior Turki dan Brazilia atas suara negatif mereka terhadap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) yang dinilai ilegal terhadap Iran.

Dia juga menggarisbawahi banyak negara-negara independen yang berkemampuan untuk mengembangkan kerjasama di berbagai bidang.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah DK PBB mengeluarkan resolusi anti-Iran, bahwa dua anggota penting dewan, termasuk Turki dan Brazilia, mengutarakan pendapat negatif mereka, dan menyatakan penentangan mereka terhadap resolusi yang dianggap tidak adil dan ilegal itu.

Mottaki juga menyebut Lebanon juga absen untuk menolak atau mendukung resolusi yang diperjuangkan pemerintah Amerika Serikat itu, sehingga upaya Washington untuk membentuk konsensus terhadap Iran dikalahkan.
(Uu.H-AK/B002/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010