Jakarta, 21/6 (ANTARA) - Penggunaan Microsoft Office 2010 yang dikombinasikan dengan SharePoint, Exchange, dan Office Communication Server 2007 R2 membuat sebuah perusahaan menghemat uang lebih dari US$13 juta dalam waktu 3 tahun alias lebih dari US$4,3 juta per tahun. Demikian hasil studi yang dilakukan oleh Forrester Consulting pada bulan Mei 2010.

     Forrester menilai berdasarkan biaya, manfaat, fleksibilitas, dan risiko penerapan platform Office yang terintegrasi. Studi yang sama juga mendapati kalau investasi perusahaan akan kembali sebanyak 301 persen setelah menerapkan sistem Office selama 7,4 bulan. Perusahaan juga dapat menghembat waktu kerja selama 2 minggu dalam 1 tahun. "Office 2010 dengan Sharepoint 2010 merupakan platform yang hemat biaya, efisien secara ekonomi dan teknologi informasi," jelas Aries T. Kitti, Business Productivity Product Manager PT Microsoft Indonesia.

     "Calculating expected ROI before year after the application to enterprise-wide business division has been completed." promoting this project showed 1000% ROI more benefits. And we can safely assume the payback period to be one. " said Jo, Dong-Geun, Deputy Manager, Samsung Electronics.

     Perhitungan ROI yang diharapkan sebelum tahun di mana aplikasi untuk divisi bisnis perusahaan telah selesai, promosi dari proyek tersebut menunjukan 1000% ROI bertambah keuntungannya. Dan kita dapat mengasumsikan periode pengembalian secara aman", ungkap Jo, Dong-Geun, Deputy Manager, Samsung Electronics.

     Microsoft Office 2010 bagi pasar konsumen yang diluncurkan secara resmi kemarin (15 Juni 2010) di Indonesia mendukung berbagai perangkat yang biasa dipakai pada perusahaan: PC, telepon,dan browser. Artinya, aplikasi-aplikasi yang ada di dalam keluarga Office 2010 dapat diakses di PC, ponsel, dan browser. "Anda bisa merasakan pengalaman produktif di PC, telepon, dan browser," kata Bonnie Mamanua, Head of Office Product Business Group PT Microsoft Indonesia pada saat memperkenalkan Microsoft Office 2010. "Browser-nya tidak cuma IE saja, tapi juga browser populer lainnya," tambahnya.

     Dengan dukungan terhadap berbagai perangkat, Microsoft menerapkan cloud computing pada Microsoft Office 2010. Microsoft membuat Office Web Apps yang membuat aplikasi Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote dapat diakses di mana saja sepanjang ada koneksi internet secara cuma-cuma. Office Web Apps yang merupakan bagian dari Microsoft Online Services tersedia bagi pengguna Office.

     "Microsoft Online Services memungkinkan penelitian dan pengembangan kami yang skalanya sangat besar dapat berkolaborasi lebih baik untuk berinovasi. Perusahaan Novartis International telah memilih Microsoft Online Services," kata Leon V. Schumacher dari Novartis.

     Fitur Baru

    
Microsoft menghadirkan sebuah paket retail baru, yakni Home and Business, di samping paket Home and Student dan Professional. Paket Home and Business, seperti dijelaskan Haswar Hafid, Office Consumer Marketing Manager PT Microsoft Indonesia, dibuat bagi pengguna rumah atau bisnis yang butuh produk inti Office (Word, Excel, dan PowerPoint) dan Outlook.

     Microsoft memperbaiki beberapa tampilan, termasuk menghadirkan kembali menu "File" yang pada Office 2007 digantikan tombol logo Office di pojok kiri atas. "Ini berdasarkan masukan dari pengguna," aku Haswar.

     Pita (ribbon) menu juga semakin disederhanakan sehingga berbagai fitur dapat diakses dengan cepat. PowerPoint bahkan kini bisa dipakai untuk mengedit foto dan video secara sederhana. "Kita tidak lagi harus membuka Photoshop untuk mengedit foto untuk presentasi," kata Haswar pada saat mendemokan PowerPoint. Haswar juga mendemokan beberapa animasi transisi antar-slide yang baru. PowerPoint 2010 memiliki tambahan animasi transisi.

     Word ditambahi fitur Navigation Pane yang berfungsi untuk menjelajah dokumen serta mempermudah proses penyuntingan dokumen. Ketika Haswar mendemonstrasikan fitur ini, dokumen dibuat menggunakan fitur Styles yang ada di ribbon Home.

     Cara pengguna Outlook memantau percakapan e-mail dipermudah dengan adanya fitur Conversation. Ketika fitur ini diaktifkan, beberapa e-mail dengan subjek yang sama akan tampil menjadi satu grup. Outlook juga ditambahi fitur untuk mengabaikan e-mail berdasarkan subjek. Fitur clean-up di Outlook dihadirkan untuk menghapus e-mail yang identik.

     Dengan peluncuran Office 2010 dan keluarganya, Microsoft memperkenalkan cara baru dalam solusi Business Intellegence untuk perusahaan. "Mengembangkan solusi bisnis intelligence berdasarkan Office 2010 dan SharePoint 2010 artinya pengguna dapat mulai bekerja dengan perlengkapan business intelligence yang berdasar pada perlengkapan lainnya yang telah mereka ketahui sebelumnya." ujar Alan Whitehouse, BI Practice Lead, TGO Consulting. Dengan SQL Server 2008 R2 sebagai penggerak business intelligence platform, pengguna dapat memperluas kemampuan dari Microsoft Office 2010, khususnya untuk Microsoft Excel 2010 dan SharePoint 2010 dalam menyediakan "Self-service BI" untuk membantu menganalisa dan memberikan pengetahuan bisnis yang mendalam kapan saja, dalam format apa saja yang pengguna inginkan untuk membuat keputusan yang lebih cepat.

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010