Jayapura (ANTARA News) - Sekitar lima ribu masyarakat yang terdiri dari warga lokal, turis dalam dan luar negeri mengunjungi hari terakhir pelaksanaan pesta budaya akbar Festival Danau Sentani 2010 di Kalkhote, Sentani, Ibukota klabupaten Jayapura, Rabu.

Pantauan ANTARA Jayapura dari arena FDS, ribuan pengunjung sejak pagi telah memadati lokasi guna melihat secara langsung pagelaran tarian dan demo kuliner yang disiapkan panitia penyelenggara.

Akibat banyaknya kendaraan roda dua dan empat pengunjung tempat parkir tidak bisa menampung sehingga sebagian harus parkir di sepanjang jalan masuk arena FDS.

Charles Korowa salah seorang pengunjung FDS yang ditemui ANTARA mengartakan, dirinya sengaja datang lebih awal agar puas melihat-lihat semua atraksi hari terakhir pelaksanaan FDS.

"Kami datang sejak pagi hari, karena ingin menyaksikan semua atraksi budaya dan menyewa perahu untuk berjalan-jalan mengelilingi danau," kata Charles Korowa yang ditemani adiknya Agusto Korowa.

Hal senada dikatakan pengunjung FDS lainnya, Jean Ohee, yang mengaku sangat tertarik dengan berbagai atraksi budaya yang digelar panitia.

"Saya memang sangat senang menonton setiap atraksi yang digelar dalam FDS tahun ini," ujar Jean Ohee seraya menambahkan dirinya juga menantikan pesta kembang api saat puncak acara penutupan FDS malam nanti.

Sesuai jadwal pelaksanaan FDS yang berlangsung sejak tanggal 19-23 Juni, seremoni penutupan pesta budaya akbar ini akan segera dilakukan sekitar pukul 16.00 WIT, oleh bupati kabupaten Jayapura, Habel Melkias Suwae.

Dalam kesempatan tersebut, bupati Habel juga akan menyerahkan cenderamata kepada enam kabupaten di Papua lainnya yang ikut berpartisipasi dalam .pagelaran FDS tahun ini. (ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010