London (ANTARA News/AFP) - Lembaga pemeringkat internasional Moody`s, Rabu mengatakan, penghematan anggaran Inggris mendukung peringkat kredit atas negara itu.

"Moody Investors Service hari ini mengatakan bahwa anggaran Inggris mendukung peringkat negara itu Aaa dan outlook stabil karena merupakan langkah penting menuju membalik penurunan yang signifikan dalam posisi keuangan pemerintah yang terjadi selama dua tahun terakhir," kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Moody bergabung dengan lembaga terkemuka lain, Fitch, dalam menyambut rencana anggaran pemerintah baru Inggris yang diurakan pada Selasa untuk memangkas belanja publik dan menaikkan pajak untuk menurunkan defisit besar publik Inggris.

Menkeu George Osborne telah menetapkan anggaran darurat terhadap latar belakang tingkat utang yang melonjak di zona euro dan kekhawatiran bahwa peringkat kredit atas Inggris AAA dapat terkena risiko.

Fitch mengatakan pada Selasa bahwa penghematan anggaran Inggris akan "material memperkuat keyakinan" dalam keuangan publik negara dan status kredit `AAA`.

Menteri Keuangan Inggris Osborne menyalahkan keadaan keuangan publik yang mengerikan pada pemerintahan Partai Buruh sebelumnya, yang mempertahankan revisi turun rekor defisit sebesar 154,7 miliar pound pada tahun keuangan 2009-2010.

Osborne mengatakan kepada parlemen pada Selasa, bahwa defisit, atau pinjaman bersih sektor publik, akan turun menjadi 37 miliar pound pada 2014-2015 dan menjadi 20 miliar pound pada 2015-2016. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010