Ambon (ANTARA News) - Penyanyi pop lagu daerah Maluku, Roy Tuhumury, mempersiapkan diri untuk memeriahkan acara bahari internasional "Sail Banda" yang berlangsung pada 24 Juli hingga 17 Agsutus 2010.

Dikonfirmasi ANTARA di Ambon melalui telepon genggamnya, Kamis, Roy mengatakan, kendati belum ada tawaran dari panitia Sail Banda, dia tetap menyiapkan fisik danmental agar tetap fit apabila diundang meramaikan acara tersebut.

"Memang sejauh ini belum ada tawaran, tapi saya tetap siap apabila diundang," katanya.

Roy yang telah meluncurkan tiga album solo, Mutiara Cinta (2008), Cinta Putih (2009) dan Roy Bilang Cinta pada 2010 itu, menyatakan, Sail Banda bukan hanya ajang promosi pariwisata dan keindahan alam Maluku, tetapi juga musik dan senimannya.

Karena itu, dia bangga  bisa terlibat dalam berbagai pertunjukan musik saat acara pelayaran internasional tersebut berlangsung.

"Saya sangat ingin tampil saat Sail Banda berlangsung, karena ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri apabila bisa turut serta mempromosikan musik-musik Maluku," katanya.

Penyanyi yang pernah bergabung dalam grup Gerson and Friends itu mengaku akan tampil bersama puluhan artis asal Maluku lainnya dalam konser "Spirit 2010" yang akan berlangsung di Pantai Natsepa, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon pada 18 Juli 2010 untuk menyongsong Sail Banda.

Pertunjukan musik yang dimotori Jam Production itu sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada 20 dan 22 Juni 2010, namun ditunda karena cuaca buruk dan sering hujan.

"Konser ini merupakan dukungan dari seniman-seniman Maluku atas diselenggarakannya Sail Banda 2010," kata pria bernama lengkap Willy Roy Tuhumury tersebut.

Penyanyi asal Maluku yang berdomisili di Jakarta itu menyatakan akan pulang ke Ambon dan menetap lebih lama saat Sail Banda berlangsung.

"Selama ini saya tidak pernah lama berada di Ambon, tetapi kalau Sail Banda berlangsung saya akan menetap lebih lama," katanya.

KR-IVA/H-KWR/AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010