Jakarta (ANTARA News) - Mengikuti jejak sang finalis Piala Dunia 2006, Prancis, Juara Dunia Italia tumbang di tangan Slowakia 3-2 dan ini merupakan untuk pertamakalinya dalam beberapa Piala Dunia terakhir Italia gagal maju dari penyisihan grup.

Dua gol dari Robert Vittek memukul hebat sang juara dunia Italia, yang disebut ESPN "tersingkir secara mengejutkan" setelah penampilan buruk di dua laga sebelumnya di Grup F.

Pada menit 25, diawali dari blunder yang dilakukan Daniele De Rossi di barisan belakang, penyerang Slowakia Vittek berhasil memperdaya Federico Marchetti lewat penyelesaian manis. 1-0 untuk Slowakia.

Di menit 73, Robert Vittek menciptakan gol kedua, memanfaatkan sepak pojok dari Marek Hamsik yang gagal diantisipasi bek Giorgio Chiellini, dan kemudian dimanfaatkan sempurna oleh Vittek.

Italia memperkecil ketinggalan pada menit 81 dari Antonio Di Natale setelah upaya pertama dari Fabio Quagliarella digagalkan Slowakia.

Italia menciptakan gol di menit 85 dari Quagliarella, namun dianulir wasit karena terperangkap offside.

Petaka bagi Italia, pada menit 89, pemain pengganti Kopunek, memperdayai Daniele De Rossi dan Fabio Cannavaro lewat penyelesaian yang indah. 3-1 untuk Slowakia.

Satu menit kemudian, Quagliarella membuka harapan Italia setelah menipiskan keunggulan Slowakia dengan golnya sehingga kedudukan menjadi 2-3.

Kedudukan 3-2 untuk Slowakia ini bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit Howard Webb untuk menandakan pertandingan berakhir. Sang Juara Dunia tumbang dan tersingkir dari kompetisi. (*)

ESPN/Jafar Sidik

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010