Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Suryadharma Ali, menyatakan penyelenggara haji tidak semudah diperkirakan awam karena betapa sulit memberangkatkan 211 ribu peserta calon haji 2010 dalam satu bulan.

"Saya tantang negara adikuasa dan saya akan ancungin jempol jika ada negara yang mampu memobilisasi 211 ribu perserta haji dalam satu bulan pulang pergi," ujarnya.

Suryadharma menilai adalah sulit mengurus dan mberangkatkan haji yang usianya bervariasi antara 17 hingga 70 kea tas dengan kondisi fisik tidak stabil dan menghadapi kendala bahasa.

"Tunjukan negara mana yang bisa menggerakan 211 ribu penduduknya ke suatu negara dengan kondisi yang bermacam-macam. Ini bukan pekerjaan yang mudah dan supaya para pengamat melihat dengan jernih," katanya lagi.

Menteri Agama mengungkapkan, banyak negara yang justru mengagumi Indonesia dalam mengelola penyelenggaraan haji dan banyak dari mereka yang mencontoh sistem pelayanan haji yang dipraktikan Indonesia.

"Indonesia diminta sejumlah negara untuk menyelenggarakan haji seperti Rusia, Kazakhstan, Nigeria dan negara-negara di Eropa Timur," kata Suryadharma. (*)

Adm/AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010