Singaraja (ANTARA News) - Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI kembali menggelar pemilihan Bintang Radio Tingkat Nasional (BRTN) untuk tahun 2010, sebagai upaya mengembangkan bakat dan minat kreativitas masyarakat kalangan remaja hingga dewasa dibidang seni suara.

Kepala RRI Singaraja I Gusti Agung Made Suamba, Jumat, mengatakan, media elektronika secara rutin setiap tahun menggelar BRTN dan menjadi salah satu ikon lembaga yang tumbuh dan berkembang sejak tahun 1951.

Ia mengatakan, sebanyak 33 peserta telah mendaftarkan diri untuk ikut ambil bagian dalam BRTN 2010 yang digelar oleh RRI Singaraja.

Dari 33 peserta yang telah menyatakan kepastiannya itu, 18 orang di antaranya wanita yang akan menguji kebolehan dalam bidang tarik suara melalui seleksi babak penyisihan yang akan digelar di Wantilan Laksanana Budaya RRI Singaraja, 27 Juni 2010.

Agung Suamba menjelaskan, tim juri dalam babak penyisihan tersebut akan menetapkan lima terbaik wanita dan lima terbaik pria, guna selanjutnya mengikuti babak final yang akan dilaksanakan 29 Juni 2010.

Mereka yang keluar sebagai juara pertama pertama untuk pria dan wanita akan mewakili LPP RRI Singarana dalam BRTN yang akan dilaksanakan di Yogyakarta, 20-24 Juli 2010.

LPP RRI Singaraja dalam memotivasi peserta, panitia akan menetapkan juara I, II, III serta juara harapan I dan II masing-masing untuk pria dan wanita.

Kegiatan tersebut selain memperebutkan piala, para juara juga akan memperolah dana pembinaan dan sejumlah hadiah hiburan termasuk piagam penghargaan.

Untuk Lomba Bintang Radio kali ini hanya mengambil nomor jenis lagu pop/hiburan, berbeda dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya yang juga melombakan jenis lagu seriosa dan keroncong.

Tim juri melakukan penilaian menyangkut vokal, musikalitas, artikulasi dan penampilan.(*)

(T.I006/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010