Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran nomor dua dunia Nova Widianto/Liliyana Natsir terhindar dari pertemuan kembali dengan pasangan Denmark Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl setelah pasangan tersebut tersingkir di perempatfinal Djarum Indonesia Terbuka Super Series, Jumat.

Pada laga perempatfinal di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Nova/Liliyana melaju ke semifinal setelah mengalahkan pasangan Thailand unggulan delapan Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam 21-16, 21-14.

Sedangkan pasangan nomor satu dunia Thomas/Kamilla yang menjadi unggulan kedua dalam turnamen tersebut, dikalahkan unggulan ketujuh asal Korea Ko Sung Hyun/Ha Jung Eun 17-21, 16-21.

Kedua pasangan tersebut semula berpeluang bertemu kembali jika keduanya berhasil lolos ke final, namun tumbangnya pasangan Denmark itu di perempatfinal menghindarkan pertemuan tersebut.

Pasangan Denmark tersebut pekan lalu mengalahkan Nova/Liliyana di final Singapura Super Series dan menggenapi kemenangan mereka untuk ketigakalinya berturut-turut atas pasangan Indonesia tersebut.

Selain di Singapura pekan lalu, Nova/Liliyana menyerah pada pasangan tersebut di Indonesia Super Seris 2008, dan Kejuaraan Dunia 2009.

"Kekalahan mereka memberi motivasi lebih untuk menang besok," kata Nova yang pada semifinal akan melawan pasangan Polandia Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba yang menyisihkan pasangan Indonesia Fran Kurniawan/Pia Zebadiah 16-21, 23-21, 21-15.

"Kami kalah dua kali dari mereka (pasangan Polandia), di Hong Kong dan Kopenhagen Masters, tetapi yakin bisa mengalahkan mereka," tambah Nova.

Soal kekalahan mereka, Thomas dan Kamilla yang baru saja meraih gelar di Singapura dan saat ini menempati peringkat satu dunia, mengaku kondisi mereka tidak fit seratus persen.

"Kami bermain terlalu lamban, karena kurang fit secara fisik dan mental. Sementara mereka bermain terlalu bagus, sangat kencang," ujar Thomas Laybourn.

Semifinal lainnya mempertemukan pasangan Korea Ko Sung Hyun/Ha Jung Eun dengan Hendra Setiawan/Anastasia Russkikh yang menang atas pasangan Indonesia Muhammad Rijal/Debby Susanto 21-15, 18-21, 23-21.

Pada nomor ganda putra, Indonesia tidak mempunyai wakil di semifinal setelah satu-satunya wakil di perempat final Muhammad Ahsan/Bona Septano dihentikan pasangan Inggris Nathan Robertson/Anthony Clark 19-21, 12-21.

Nathan/Anthony akan memperebutkan tempat di final dengan pasangan Taiwan Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu yang menang atas Tony Gunawan/Howard Bach dari Amerika Serikat 21-15, 21-18.

Sedang dua pasangan lainnya yang bertemu di semifinal adalah ganda Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata yang menang atas unggulan teratas Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dari Malaysia 13-21, 21-19, 21-18, dengan pasangan kualifikasi dari Korea Cho Gun Woo/Kwon Yi Goo yang menyisihkan rekan senegara mereka unggulan delapan Kin Ki Jung/Shin Baek Cheol 21-12, 13-21, 21-16.

Tiket untuk pertandingan semifinal di Istora dijual dengan harga Rp70.000 dan Rp150.000.(*)
(T.F005/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010