Assen (ANTARA News/AFP) - Pembalap Spanyol Jorge Lorenzo menjuarai MotoGP Belanda di Assen, Sabtu untuk kemenangan keempatnya musim ini dan meningkatkan keunggulannya di klasemen kejuaraan.

Pembalap Yamaha berusia 23 tahun itu mengungguli pembalak rekan senegaranya dari tim Honda, Dani Pedrosa, sementra mantan juara dunia dari Australia Casey Stoner dari tim Ducati untk pertama klinya musim ini naik ke podium dan menempati posisi ketiga.

Lorenzo - runner-up rekan satu timnya yang cedera, Valentino Rossi, di kejuaraan thun lalu, mengungguli Pedrosa dengan 47 angka setelah enam balapan.

Pembalap spanyol sejak awal mengungguli Pedrosa dan Stoner, yang berduel untuk mrebut posisi kedua dengan pembalap Australia itu tampaknya merupakan ancaman besar saat ia mencatat waktu lebih cepat d banding pembalap Spanyol yang memimpin klasemen umum dan merebut start terdepan hari Jumat.

Saingan terdekat Lorenzo sebelum balapan tersebut, pembalap Italia Andrea Dovizioso, tidak mampu bersaing dalam balapan tersebut dan 11 lap menjelang berakhirnya balapan yang terdiri atas 26 balapan tersebut ia tertinggal lebih dari lima detik dan tidak mampu mengurangi selisih 37 angka angka antara dirinya dengan pembalap Spanyol itu.

Memang, Dovizioso, yang menempati posisi kedua di Silverstone pekan lalu, terus ditekan oleh pendatang baru dari Amerika Ben Spies, yang menegaskan bahwa ia merupakan bintang yang menanjak cepat, menyalip pembalap Italia itu di 10 putaran menjelang berakhirnya balapan tersebut dan menempati urutan keempat.

Pembalap lainnya yang ggal bersinar di balpan tersebut adalah pembalap Prancis Randy de Puniet.(*)
(Uu.S005/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010