Mamuju (ANTARA News) - Sejumlah kepala desa/lurah dan Balai Pemerintah Desa (BPD) pada lima kecamatan di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas dalam melaksanakan program pembangunan di daerah itu.

Kegiatan pelatihan di Mamuju, Selasa, diikuti sekitar 50 peserta dari aparat desa yang ada pada lima kecamatan di Kabupaten Mamuju, diantaranya kecamatan Kalumpang, Tommo, Budong-Budong, Kalukku dan Kecamatan Mamuju.

Ketua Panitia Pelaksanaan Pelatihan, Andi Dedy Yahya mengatakan, kegiatan ini untuk menambah kapasitas bagi kades/lurah maupun BPD yang ada di lima kecamatan dalam rangka memperbaiki kinerja mereka dalam melaksanakan pembangunan di daerah masing-masing, khususnya daerah penerima PNPM-Mandiri, sedangkan 11 kecamatan lainnya belum mendapat giliran.

"Lima kecamatan tersebut diberikan penyegaran tentang peningkatan kapasitas sehingga dalam melaksanakan tugas-tugas di daerah mereka sudah sesuai dengan apa yang menjadi ketentuan," kata dia.

Ia mengemukakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, khususnya bagi daerah kecamatan penerima bantuan kucuran dana untuk PNPM-Mandiri.

"Jumlah dana untuk PNPM-Mandiri pada tahun anggaran 2010 pada lima kecamatan itu mencapai Rp10 miliar lebih," ungkapnya.

Dedy mengatakan, jumlah dana PNPM-Mandiri yang di gelontorkan untuk lima kecamatan itu jumlahnya berbeda-beda.

"Pelatihan ini juga termasuk bagian untuk memberikan pemahaman penyusunan pemanfaatan pengelolaan PNPM-Mandiri," kuncinya. (ACO/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010