Bengkulu (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan agar mewaspadai akan terjadi angin kencang, hujan deras disertai petir di wilayah pesisir Barat Sumatera termasuk Bengkulu.

Kondisi cuaca hujan deras disertai angin kencang dan petir itu akan terjadi selama dua hari sampai akhir Juni 2010, kata analisis BMKG pada stasiun Klimatologi Kl II Pulau Baai Bengkulu, Rabu.

Dia memprakirakan gelombang laut dengan tinggi antara tiga meter sampai lima meter di perairan Bengkulu dan Enggano, sehingga membahayakan seluruh jenis kapal nelayan.

Gelombang di samudera Hindia Barat daya Bengkulu tinggi berkisar antara 2,5 meter hingga empat meter, sedangkan hembusan angin akan terjadi dari arah Timur Laut sampai Tenggara dengan kecepatan antara 15-20 knot.

Sementara angin di perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari arah Tenggara sampai Selatan dengan kecepatan antara 10-15 knot dan tinggi gelombangnya akntara dua meter hingga tiga meter.

Dia menambahkan, angin di atas perairan Indonesia daerah Selatan Khatulistiwa umumnya bertiup dari Timur laut sampai Selatan dengan kecepatan berkisar antara 3-25 knot.

Cuaca diperkirakan hujan ringan hingga sedang, sedangkan suhu udara akan terjadi antara 23-31 derajat celcius dan kelembabannya berkisar antara 68-98 persen, jelasnya.
(Z005/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010