Madrid (ANTARA News/Reuters) - Pimpinan klasemen Jorge Lorenzo menoreh waktu tercepat dalam latihan hari pertama menjelang perlombaan sepeda motor dunia MotoGP Catalunya, Jumat (Sabtu WIB).

Pebalap berkebangsaan Spanyol itu, mengincar kemenangan ketiga secara beruntun, membuat catatan terbaik satu menit 43, 259 detik di atas Yamaha, lebih cepat 0,153 detik dari pebalap Australia Casey Stoner dalam latihan pada cuaca 37 derajat Selsius itu.

Para pebalap latihan untuk menyesuaikan setting kendaraan serta penyesuaian fisik mereka dengan cuaca pada saat balapan yang diperhitungkan mencapai 52 derajat Selsius.

"Saya berharap cuaca pada hari balapan tidak sepanas hari ini. Ini terasa panas seperti di Malaysia," kata Lorenzo kepada wartawan.

"Saya yakin bila cuacanya tidak sepanas ini saya akan dapat lebih cepat setengah detik," katanya.

Pebalap Spanyol lainnya, Dani Pedrosa, berada di urutan ketiga tercepat dalam latihan di depan pendukungnya. Ia pernah memenangi perlombaan di tempat itu dalam tiga kategori. Ia berada di depan rekan setimnya yang memacu Honda, Andrea Dovizioso dari Italia.

"Lorenzo sedang dalam posisi puncak tapi kami berada di belakangnya karena masalah yang kami perbuat sendiri," kata Pedrosa.

"Kami harus melakukan yang lebih baik agar dapat memotongnya dari meraih poin lebih banyak," katanya.

Lorenzo di puncak klasemen sementara dengan simpanan 140 poin, Pedrosa di urutan kedua dengan 93 poin dan Dovizioso ketiga, 89.

Juara Valentino Rossi, yang berada di urutan keempat dengan koleksi 61, sedang dalam penyembuhan setelah kakinya patah dan mengharapkan dapat beraksi lagi Agustus mendatang.

Pebalap pencoba dari Jepang Wataru Yoshikawa akan menggantikan tempat Rossi di atas Yamaha pada perlombaan minggu mendatang.

(A008/A032/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010