Bantul (ANTARA News) - Pemilihan Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah akan dilakukan secara terbuka dengan pemilihan langsung tanpa melalui pemilihan formatur.

"Dalam konferensi pimpinan wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang berlangsung di Mataram pada 2009 lalu telah disepakati dan diputuskan pemilihan ketua umum melalui pemilihan langsung secara terbuka," kata Ketua Panitia Pemilihan Pusat Muktamar IPM ke-17 Fani Dirgantara, Sabtu.

Menurut dia, sebelumnyaa pemilihan Ketua Umum IPM yang sebelumnya bernama Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM) dilakukan dengan sistem formatur.

"Sistem pemilihan secara langsung dan terbuka ini memang berbeda dari kebiasaan di PP Muhammadiyah dan PP Aisyiah yang sejak dulu lebih suka memelakukan pemilihan tertutup untuk memilih formatur dan kemudian formatur yang dipilih muktamar tersebut yang akan menentukan siapa yang menjadi ketua," katanya.

Ia mengatakan, sistem pemihan langsung ini memang baru kali pertama ini dilakukan di Muktamar IPM karena sebelumnya selalu dilakukan melalui pemilihan formatur.

"Namun sebenarnya pemilihan langsung yang dilakukan IPM ini tidak keluar dari pakem Muhammadiyah karena sebagai organisasi otonom di bawah PP Muhammadiyah punya aturan sendiri dan tata tertib sendiri dalam memilih ketua umumnya," katanya.

Fani mengatakan, pada Konferensi Pimpinan Wilayah (Kopimwil) yang berlangsung Jumat (2/7) diputuskan tiga nama yang akan bersaing dalam pemilihan Ketua Umum PP IPM periode 2010-2012.

"Nama-nama yang diputuskan tersebut yakni Ahmad Putra Batubara yang didukung 11 wilayah IPM, Slamet Nur Ahmad didukung 12 wilayah dan Falia Mubarak didukung tujuh wilayah. Tiga nama ini adalah hasil seleksi dari delapan nama yang menyatakan diri bersedia dicalonkan dan telah mendaftarkan diri ke Panitia Pemilihan," katanya.

Ia mengatakan, tiga calon ketua umum yang lolos dari Kopimwil ini nantinya akan melakukan debat terbuka dalam sidang panel untuk memaparkan program-program mereka untuk IPM ke depan.

"Debat panel ini memang bisa menjadi semacam ajang kampanye. Kami juga akan menghadirkan tokoh-tokoh pengamat politik dalam debat panel itu. Selain itu mereka juga diberi kesempatan melakuan sosialisasi secara sendiri-sendiri di arena muktamar ini," katanya.

Pemilihan langsung ini akan diikuti 32 Pimpinan Wilayah dan 299 pengurus daerah yang diundang dalam Muktamar ke-17 IPM ini.

"Dari jumlah itu, saat ini sudah hadir utusan-utusan dari 26 pimpinan wilayah, sedang peserta dari unsur pimpinan daerah sampai hari ini masih berdatangan. Nantinya masing-masing Pengurus Wilayah akan mempunya," katanya.

Pemilihan akan dilakukan dengan memasukkan kertas suara ke kotak dan nantinya pemenang ditentukan dari jumlah suara terbanyak, Muktamar IPM ini juga akan memilih formatur yang nantinya akan menjadi pengurus IPM 2010-2012," katanya.(*)
(U.V001/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010