Kuningan (ANTARA News) - Sebanyak 75 anak penderita kanker dari beberapa daerah di Indonesia mengikuti kegiatan "Cancer Camp" yang diadakan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) di Prima Resort, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Humas YOAI Kartika Purwanto, Selasa mengatakan kegiatan kali ini dalam rangka hari ulang tahun yayasan yan ke-17 mengajak para pasien dan survivor kanker anak untuk berlibur sekaligus memberi pelajaran "self healing" dan outbond berlangsng tiga hari hingga Selasa(6/7).

"Kegiatan seperti ini sudah sering kami gelar, namun untuk kali ini ada yang beda karena temanya "self healing" yaitu metode penyembuhan dari diri sendiri," katanya.

Kegiatan ini lanjut Kartika diharapkan dapat mengurangi trauma pengobatan pada anak, meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan kecanggungan anak-anak dalam pergaulannya sehingga mereka akan tegar dan berani melawan penyakit yang dideritanya dan menatap masa depan yang lebih cerah.

Ide kegiatan kali ini, kata Kartika, awalnya dari pengalaman kegiatan serupa beberapa waktu lalu ketika salah seorang pesertanya memaksa ikut padahal kondisi tubuhnya sedang buruk.

"Waktu itu kondisi HB daranya sangat rendah sehingga sangat dikhawatirkan jika mengikuti kegiatan malah akan memperburuk keadaan.

Namun di luar dugaan, ternyata kondisi anak tersebut malah membaik dan dapat mengikuti kegiatan hingga usai bahkan saat pulang kondisi HB-nya normal kembali.

"Dari pengalaman tersebut, kami coba menggelar kegiatan kemah kali ini dengan tema self healing", kata Kartika.

Selama tiga hari nanti, lanjut Kartika, para peserta bersama orang tuanya akan diajarkan metode self healing dengan beberapa cara diantaranya teknik "holding finger", terapi gambar, menari dan metode "ice breaking".

"Jika penyembuhan bisa dilakukan oleh sendiri, maka tidak perlu lagi Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya para dokter dari lima rumah sakit di Jakarta yang menangani penyakit kanker yaitu RS Cipto Mangunkusumo, RS Harapan Kita, RS Gatot Subroto, RS Fatmawati dan RS Darmais.

Salah seorang pengisi materi tentang "self healing" nanti, kata Kartika adalah seorang motivator bernama Gobind yaitu seorang penulis tetap di majalah Psikologi Plus dan pembicara tetap di radio Delta FM Jakarta dan Duta FM Bali untuk acara talk show "Body and Mind". (Y003*M019/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010