Jakarta (ANTARA News) - Ibu Ani Bambang Yudhoyono dijadwalkan menyampaikan pidato kunci mengenai Program Indonesia Pintar dalam Sidang Umum Forum Parlemen Asia-Pasifik untuk Pendidikan di Jakarta, Rabu pagi.

Presentasi Ibu Negara dalam FASPPED itu bertema "Program Indonesia Pintar dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Untuk Semua".

Selama ini, Ibu Ani memang aktif mengembangkan Program Indonesia Pintar bersama dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) untuk menjangkau anak-anak yang tidak seberuntung rekan-rekannya yang di perkotaan.

Dalam Program Indonesia Pintar Ibu Ani dan SIKIB memiliki sejumlah sarana yang disebut sebagai mobil pintar, motor pintar, rumah pintah dan kapal pintar yang dilengkapi dengan buku bacaan dan komputer.

Beberapa waktu lalu UNESCO pernah memberikan penghargaan pada Ibu Ani atas program tersebut.

DPR menjadi tuan rumah penyelenggaraan sidang umum Forum Parlemen Asia-Pasifik untuk Pendidikan (Faspped) yang diikuti oleh kalangan parlemen dari sedikitnya 27 negara di kawasan Asia dan Pasifik.

Faspped terbentuk sebagai tindak lanjut konferensi parlemen se-Asia-Pasifik untuk pendidikan yang pernah diselenggarakan di Jakarta pada Oktober 2008 lalu.

Forum tersebut menjadi salah satu forum merumuskan kesepakatan bersama untuk mencapai EFA (education for all) pada 2015.

Forum itu juga menjadi sarana berbagi, bertukar fikiran dan memperkaya proses dalam penentuan kebijakan untuk pendidikan di masing-masing negara.

Salah satu anggota DPR, Nurhayati Assegaf di Jakarta pada hari Selasa mengatakan forum ini mengharapkan agar semua parlemen di kawasan Asia Pasifik memiliki komisi yang khusus menangani masalah-masalah pendidikan.

Nurhayati Assegaf mengatakan Indonesia sendiri sejak lama telah memiliki sebuah komisi di DPR yang khusus menangani masalah pendidikan.
(G003/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010