Bandung (ANTARA News) - Komandan Resort Militer (Danrem) Siliwangi, Kolonel Inf. Asrobudi, mengatakan bahwa pecahan rangka pesawat jenis Trike PKS 135 yang hilang Minggu (4/7), ditemukan di pohon sekitar tebing.

"Saat ditemukan, kondisi pesawat itu relatif masih utuh, dan kedua awak pesawat tidak ditemukan. Posisi ditemukannya pesawat berada diatas pohon dikelilingi tebing," kata Asrobudi, di Posko Dodik Secata TNI AD Pangalengan, Kabupaten Bandung, Rabu.

Ia menjelaskan, dengan berbagai bantuan IT yang digunakan Telkom dan sinergis TNI, Polri, masyarakat, serta pecinta alam, pesawat tersebut ditemukan di Desa Cileuleuy Kecamatan Pakenjeng, dengan titik koordinat 07` 18` 46,3 S dan 107`39`43,1 BT.

Sementara itu, Wakil Ketua Pordirga Saleh Sudradjat kepada wartawan, di Lanud Sulaeman Kabupaten Bandung, menyatakan bahwa bangkai pesawat trike PKS-135 yang hilang diduga nyangkut di atas tebing dengan ketinggian 6.200 kaki.

Selain itu, kata Saleh, lokasi jatuhnya pesawat merupakan medan yang sangat terjal sehingga sulit dijangkau.

"Berdasarkan laporan dari tim pencarian di darat, pesawat nyangkut di ketinggian 6.200 kaki. Jadi sangat terjal," kata Saleh Sudradjat.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya akan menunggu hasil pencarian melalui jalur darat karena untuk melakukan pencarian lewat udara sudah tidak memungkinkan.

"Kami masih menunggu areal sekitar dibuka. Berdasarkan pantauan udara, hutan di sana lebat sekali," demikian Saleh.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010