Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Marty Natalegawa, melakukan pertemuan dwipihak dengan Menlu Meksiko, Patricia Espinosa, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis.

"Menlu Espinosa berada di Indonesia untuk berbagi pandangan mengenai pertemuan puncak perubahan iklim yang akan diselenggarakan di Meksiko akhir tahun ini," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah yang ditemui setelah pertemuan antara delegasi Indonesia dan Swiss.

Menurut Faiza, Meksiko sebagai presiden COP 16 UNFCCC akan menyampaikan informasi persiapan negara itu terkait pertemuan itu.

"Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah pertemuan UNFCCC di Bali 2007," katanya.

Menurut keterangan tertulis Kemlu, Meksiko meminta pemasukan dan rekomendasi dari kalangan Pemerintah Indonesia dan sektor swasta untuk dibawa dalam Pertemuan COP 16.

Selama di Indonesia, 7-8 Juli, Menlu Espinosa bertemu dengan Menlu, Meneg LH, Ketua Harian Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI), dan Menperin.

Selain itu, ia juga akan mengadakan pertemuan bisnis dengan sektor industri swasta.

Dalam pertemuan dengan Menlu RI, selain membahas mengenai perubahan iklim Menlu Espinosa juga membahas mengenai hubungan dwipihak dan isu internasional lainnya yang menjadi kepentingan bersama.

Pada kesempatan itu, Menlu Espinosa juga akan membahas tindak lanjut dari hasil kunjungan Presiden RI ke Meksiko pada November 2008.

Dalam kunjungan tersebut, kedua negara telah menandatangani beberapa perjanjian antara lain, nota kesepahaman Kerjasama Promosi Perdagangan antara BPEN dan ProMeksiko, nota kesepahaman mengenai Kerjasama Pendidikan dan Pelatihan Diplomatik, nota kesepahaman mengenai Pembentukan Komite Konsultatif di bidang Pertanian (CCA), serta nota kesepahaman mengenai kerjasama di bidang energi antara Pertamina dan PEMEX.

Saat ini kedua negara sedang membahas beberapa rancangan nota kesepahaman dan kerangka kerja kerjasama bilateral, antara lain Persetujuan Bebas Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Paspor Dinas, nota kesepahaman Bidang Olahraga, kerangka kerja Pembentukan Komite Konsultasi Pertanian, dan nota kesepahaman bidang Lingkungan Hidup.
(G003/A041/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010