Ambon (ANTARA News) - Sail Banda 2010 perlu dimanfaatkan untuk mempromosikan keindahan panorama alam bawah laut Kepulauan Lucipara, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, kata Ketua DPRD setempat, Frans Purimahua.

"Strategisnya, peserta Sail Banda dari Kepulauan Banda menuju Ambon dijadwalkan singgah di Kepulauan Lucipara," katanya dari Piru, ibu kota Kabupaten Seram Bagian Barat, Jumat.

Purimahua mengemukakan, pesona bawah laut Kepulauan Lucipara tidaklah kalah cantik dari Banda. Bahkan pengunjung bisa melihat pemandangan indah penyu bertelur di pasir putih yang membentang di tujuh pulau di sana.

"Kepulauan Lucipara, objek wisata baharinya masih asri," ujarnya.

Purimahua optimistis peserta Sail Banda bakal terpesona, dan sekembalinya ke negara masing-masing akan ikut mempromosikannya.

"Jadi ini peluang strategis untuk mempromosikan keindahan bawah laut Kepulauan Lucipara," katanya.

Dia mengimbau Pemprov Maluku segera mengambil kebijakan untuk mengelola Kepulauan Lucipara sebagai salah satu ikon pariwisata bahari daerah ini.

Kepulauan Lucipara secara administrasi masuk wilayah Seram Bagian Barat, tapi dari letak geografis lebih dekat dari Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.(*)

L005/KWR/AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010