Kuta, Bali (ANTARA News) - PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) mengalokasikan dana tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) pada 2010 sebesar 38 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp342 miliar.

Dana tersebut akan dipakai untuk pengembangan masyarakat serta pembangunan daerah di sekitar tambang maupun wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) lainnya, kata Manager Public Relation PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) , Kasan Mulyono dalam lokakarya pertambangan di Kuta, Minggu.

Kasan Mulyono mengungkapkan, sebagian dana itu bakal digunakan untuk pembangunan sejumlah sekolah yang akan menjadi bagian dari Islamic Center di NTB, renovasi Masjid Jami At-Taqwa di Sumbawa, serta membangun rumah sakit rujukan.

"Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan ini diharapkan masyarakat akan semakin besar menikmati kehadiran PTNNT di NTB," ujar Kasan.

Menurut dia, perkembangan sejak PPNNT masuk ke NTB memberikan banyak peran, khususnya di sektor ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pembayaran pajak dan rolyalti, serta upaya untuk meningkatkan belanja barang perusahaan di daerah lokal NTB.

Kasan melanjutkan, pajak dan royalti yang telah dibayar Newmont sejak 2000-2009 mencapai 413 juta dolar . Kontribusi ekonomi lainnya berupa pembelian barang nasional sebesar 162 juta dolar serta belanja jasa kontraktor nasional senilai 114 juta dolar AS.

Sementara itu, Manager Community Development (Comdev) PT NNT, Wagimin Sastrahadi, menjelaskan, Newmont pada tahun ini akan menambah jumlah penerima beasiswa pendidikan khususnya bagi siswa maupun mahasiswa lokal.

Program beasiswa untuk tahun 2010, kata Wagimin, targetnya mencapai 1.540 orang terdiri atas 650 orang untuk beasiswa perak, 100 orang untuk beasiswa emas, 100 orang untuk beasiswa platinum, 100 orang beasiswa peningkatan prestasi, 400 orang untuk bantuan pendidikan dan 40 orang untuk mahasiswa penelitian.

Selain memberikan bantuan berupa beasiswa, maka PTNNT juga menyediakan perpustakaan keliling yang sampai saat ini telah memiliki anggota sekitar 6.000 di 8 kecamatan di wilayah Sumbawa Barat.
(T.F004/A011/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010