Jakarta (ANTARA News) - Paviliun Indonesia melampaui target pengunjung dalam dua bulan kehadirannya pada ajang pencitraan negara di "World Expo" yang berlangsung 1 Mei sampai 31 Oktober 2010, di Shanghai, China.

Siaran pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Minggu, menyebutkan pada hari ke-69 (8/7) pukul 13.15 waktu Shanghai, pengunjung Paviliun Indonesia mencapai tiga juta orang. Target itu semula ditetapkan untuk selama pameran yang berlangsung enam bulan.

"Tercapainya target tiga juta pengunjung pada minggu ke-9 pelaksanaan `World Expo` 2010 adalah sebuah kebanggaan, yang merefleksikan kerja sama yang baik antara pemerintah (pusat), pemerintah daerah, BUMN, pihak swasta dan para pekerja seni serta media," kata Mendag Mari E Pangestu selaku Panitia Pelaksana Keikutsertaan Indonesia di "World Expo".

Mendag mengemukakan pihaknya menerima ribuan komentar positif dari masyarakat Indonesia maupun asing yang berkunjung ke Paviliun Indonesia.

"Kami mengharapkan pencapaian itu dapat menumbuhkembangkan kebanggaan masyarakat Indonesia sebagai bangsa yang terus melangkah maju menjadi pemimpin di kawasan dan memantapkan kehadirannya di dunia," ujarnya.

Setiap hari jumlah pengunjung Paviliun Indonesia mencapai rata-rata 50 ribu orang, yang menunjukkan animo masyarakat China dan warga dunia yang antusias ingin mengenal Indonesia lebih dekat.

Sementara itu, pengunjung ke tiga juta Zhou Si Cheng (26 tahun) yang berprofesi sebagai polisi di Shanghai mengaku mendengar banyak hal tentang keunikan Paviliun Indonesia.

"Setelah berkeliling, banyak hal menarik yang saya pelajari, antara lain sejarah bahwa bangsa kami (Admiral Cheng Ho) berkunjung dan berperan dalam perkembangan agama Islam di Indonesia," katanya.

Ia mendapat hadiah berupa tiket perjalanan pergi/pulang Shanghai - Jakarta - Batam - "Speedboat" menuju Bintan Resort dan menginap selama tiga hari dua malam dengan uang saku Rp3.000.000,00.

Sejak dibuka tanggal 1 Mei 2010, "World Expo" 2010 di Shanghai telah memikat sebanyak 24.649.600 pengunjung (8/7), dan menjadikan pameran terbesar ketiga dunia itu sebagai salah satu destinasi liburan yang patut dikunjungi di tahun 2010.

Lebih jauh panitia nasional keikutsertaan Indonesia pada "World Expo" juga menyelenggarakan akan lomba resep nasi goreng sebagai makanan favorit di Warung Enak Paviliun Indonesia. Pemenang akan mendapat kesempatan berkunjung ke Paviliun Indonesia di "World Expo" 2010 dan mendemonstrasikan kelezatan nasi goreng tersebut.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai lomba resep nasi goreng dapat dilihat pada laman: www.indonesiaatworldexpo.com/
(T.R016/C004/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010