Bogor (ANTARA News)- Pemakaman jenazah ulama besar Kiai Idham Chalid di Bogor merupakan wasiat yang dititipkan dia semasa hidupnya pada keluarganya, kata Saeful Hadi, salah seorang putra ulama besar Nahdlatul Ulama (NU)dan tokoh bangsa itu.

"Kiai Idham sebetulnya akan dimakamkan oleh negara di Taman Makam Pahlawan di Kalibata, Jakarta Selatan. Namun karena wasiat ayah agar pemakaman dilakukan di Cisarua Bogor, pihak keluarga pun mengikuti apa yang diwasiatkan," katanya.

Direktur Pemberitaan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA itu melanjutkan, "Kami mewakili keluarga besar KH.Idham Chalid menitipkan makam almarhum kepada warga Bogor."

Keluarga Kiai Idham mengelola dua lembaga pendidikan yaitu Perguruan Darul Ma`arif di Cipete Jakarta dan Perguruan Darul Qur`an di Cisarua, Kabupaten Bogor.

Perguruan Darul Ma`arif di Jakarta merupakan tempat kediaman Idham semasa hidup di Jakarta, sedangkan Perguruan Darul Qur`an menjadi lokasi pemakamannya.

Kendati Perguruan Darul Qur`an yang menjadi lokasi pemakaman Kiai Idham Chalid milik keluarga, lokasi makam akan terasa jauh dari keluarga yang sebagian besar tinggal di Jakarta dan Kalimantan Selatan.

"Kami titip makam ayah kepada warga Bogor. Terutama kepada teman-teman NU Bogor, kami berharap bantuan untuk sama-sama merawat makam ayah," ujar Saiful.

Kiai Idham merupakan salah seorang ulama besar yang sangat dihormati NU dan bangsa Indonesia.

Sebagian besar waktu hidup Idham "diwakafkan" untuk membesarkan NU. Di ormas yang didirikan para ulama tersebut, Idham mengemban jabatan sebagai Ketua Umum PBNU selama 28 tahun.

Masa yang panjang tersebut belum termasuk dengan masa pengabdian Idham sebelumnya yaitu sebagai ketua Lembaga Pendidikan Ma`arif PBNU 1952-1956.

Setelah tidak menjabat ketua umum PBNU, Idham masih tetap mengabdi di NU melalui "Jamiyyah ahlit thoriqoh al-mu`tabaroh an-Nahdliyyah (Jatman) yang ia pimpin hingga sekitar tahun 1999. (*)

ANT/Y006/AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010