Jakarta (ANTARA News) - Microsoft Corp Chief Executive Steve Ballmer memuji perangkat-perangkat tablet baru dari 20 pabrikan yang dijalankan dengan sistem operasi Windows 7, menggarisbawahi keinginan perusahaan perangkat lunak raksasa itu membendung ledakan peminat iPad Apple.

Tablet atau perangkat sabak--kecil, mudah ditenteng, komputer nirkabel--yang dijalankan-Windows terbaru itu berada dalam lini produk Acer Inc, Dell Inc, Samsung Electronics Co Ltd, Thosiba Corp, Sony Corp, dan selusin pembuat PC lainnya, kata Balmer dalam konferensi tahunan mitra Microsoft di Whasington DC.

"Tahun ini, salah satu hal yang paling penting yang akan kita lakukan dalam kategori perangkat cerdas adalah sungguh-sungguh mendorong maju tablet berbasis-Windows 7," kata Ballmer. "Ini merupakan wilayah yang sangat penting bagi kami."

Apple iPad, yang diluncurkan pada April, telah terjual lebih dari dua juta unit di seluruh dunia, dan mengancam untuk mengambilalih pelanggan dari dominasi Microsoft dalam komputer desktop.

Ballmer tidak menyebut Hewlett-Packard Co, pembuat PC nomor satu di dunia, yang berencana membuat perangkat tablet yang akan dijalankan dengan sistem operasi buatan Palm Inc, perusahaan yang dibeli HP tahun ini.

Namun, logo HP muncul dalam slide daftar pembuat PC yang akan menggunakan perangkat lunaknya sebagaimana yang Ballmer katakan.

Pada konferensi yang sama, Microsoft mengumumkan bahwa perusahaan lelang online eBay, perusahaan jasa teknologi Fujitsu Ltd dan pembuat PC Dell berada diantara perusahaan yang menguji platform baru Windows Azure, yang memungkinkan pelanggan menerapkan cloud teknologi server terbaru Microsoft di pusat data mereka.

Microsoft sangat menekankan layanan "cloud" dalam konferensi itu, yang pada dasarnya membantu perusahaan mengelola data dan daya komputasi--serta semua pelanggan mereka--melalui Internet.

Saham Microsoft hampir naik dua persen pada 24,75 dolar AS di Nasdaq, demikian Reuters.

(Adm/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010