Jakarta (ANTARA News) - Tiket pertarungan Chris John, juara dunia tinju kelas bulu World Boxing Association (WBA), melawan penantang peringkat 15 asal Argentina, Fernando Saucedo, di Jakarta, 26 Juli mendatang dijual Rp 750.000,- hingga Rp 1.750.000,- per lembar.

Menurut Tony Parbudi dari CJM Communication Center, pelaksana kejuaraan, Panitia menyediakan tiket sebanyak 2.500 lembar sesuai dengan kapasitas tempat duduk.

"Tiket dapat dibeli di Raja Karcis dan di Ibu Dibyo. Untuk pembeli tiket di sisi ring seharga Rp 1.750.000 akan kami sediakan snack dan minuman," tutur Tony.

Pertandingan Chris John melawan Saucedo tersebut dijadwalkan berlangsung pukul 21.30 WIB. Namun seluruh rangkaian acara sudah akan dimulai pukul 19.00 diawali dengan pementasan pertarungan partai tambahan. Ada empat partai tambahan yang bakal dipentaskan.

Panitia saat ini juga masih menjajaki kemungkinan ditampilkannya satu partai tambahan kelas berat WBC.

Panitia menurut rencana juga akan menampilkan sejumlah pertunjukan hiburan, di antaranya suguhan tarian tango, tarian khas Argentina, dan atraksi hiburan lainnya.

Ditanya tentang kelanjutan penyelesaian kasus hukum Manajer sekaligus Pelatih Chris John, Craig Christian, dengan promotor Indonesia Soeryo Goeritno, Tony menolak mengomentarai. "Bukan porsi kami untuk mengomentari hal itu," tutur Tony.

Goeritno telah melaporkan Christian ke Polda Metro Jaya dengan dakwaan penipuan dan penggelapan. Laporan ini sebagai buntut pertandingan Chrisjon melawan petinju Uganda yang tinggal di Australia, Jackson Asiku, di Jakarta, Juli 2008, yang gagal dilaksanakan. Waktu itu Chris John menolak melakukan timbang badan, sementara Asiku mendadak menghilang.

Goeritno mengaku telah menyerahkan uang bayaran Chrisjon senilai US$ 40.000. Dia menggugat Craig untuk mengembalikan uang bayaran tersebut. Sampai kini kasus tersebut masih ditangani Polda Metro Jaya dan belum ada titik terang.

Pertarungan Chris John kali ini dipromotori mantan Ketua Komisi Tinju Indonesia A.M. Hendropriyono. Belum diketahui bayaran yang diterima Chris John dan lawannya kali ini. Yang pasti investasi untuk penyelenggaraan pertandingan konon mencapai Rp 5,5 miliar.

Bagi Chrisjohn pertarungan melawan Saucedo nanti merupakan pertarungan mempertahankan gelar juara WBA ke-13 kalinya. Gelar juara itu direbut Chrisjon setelah menang angka mutlak dalam pertarungan 12 ronde melawan Oscar Leon dari Kolombia di Bali, 2003.

Terakhir Chris John bertanding pada tanggal 19 September 2009, menghadapi Rocky Juarez (AS) di MGM Grand, Las Vegas, Nevada, AS. Chris John berhasil menang dengan angka mutlak.

Chrisjon, 30 tahun, telah 45 kali bertanding dengan rekor 43 kali menang (22 kali dengan KO), dua kali seri, dan belum pernah kalah sekali pun. Di pihak lain Saucedo, 29 tahun, telah 38 kali menang, 4 kali kalah, 2 kali seri. (PSO-133/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010