Jakarta (ANTARA News) - PT Rigs Tenders Indonesia Tbk (RIGS) akan mengambilalih mayoritas saham di 4 perusahaan milik Scomi Marine Services Pte LTd (SMS) pada akhir Desember nanti, kemudian satu perusahaan lagi milik Crundaig Manne Ple Ltd (CM).

Direktur Utama RIGS Dick S Sapi`i dalam keterbukaan informasi Rabu mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk akuisisi itu sekitar 171,8 juta dolar AS dan sebagian akan ditutupi melalui right issue yang diharapkan menyerap 71,8 juta dolar AS.

Sementara kekurangannya sekitar 100 juta dolar akan dipenuhi dari pinjaman bank.

RIGS telah menandatangani Head of Agreement oleh SMS dan Portside Offshore Inc, Grundtving Marine Pte. Ltd pada 12 Juli 2010 lalu. Perseroan akan mengambil seluruh saham di 4 perusahaan milik SMS, yaitu di CH Trgisrics Ltd, CH Ship Managemen Pte Ltd, Goldship Pte Ltd, dan SeaMaster Pte Ltd.

Kemudian perseroan juga akan membeli 94,9 persen saham PT Batuah Abadi Lines yang dimiliki Crundaig Manne Ple Ltd (CM), serta 5 persen saham milik perorangan dalam PT Batuah Abadi Lines.

"Perusahaan yang akan diakuisisi berdomisili di Singapura dan lndonesia dan memiliki kapal sebanyak 51 unit dan saat ini memiliki kontrak penyediaan transportasi batubara di lndonesia," katanya.

Disebutkan sebagai pembeli siaga dari right issue ini adalah Portside Offshore Inc yang siap mengeksekusi 80,54 persen atau setara dengan 57,8 juta dolar AS dari total right issue 71,8 juta juta dolar.

(B008/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010