Cilegon (ANTARA News) - Badan SAR Nasional (BASARNAS) berhasil menemukan 15 awak kapal Langsung Jaya yang tenggelam setelah dihantam ombak besar di Samudera Indonesia.

Seluruh awak kapal itu ditemukan oleh nelayan dan dibawa ke daratan setelah terombang-ambing berjam-jam di laut lepas.

"Kondisi nelayan semuanya selamat," kata Kasi Operasi BASARNAS singkat.

Sebelumnya, Tim SAR bersama dengan Polisi Perairan Polda Banten dan TNI AL masih mencari 15 awak kapal nelayan KM Langsung Jaya asal Jakarta yang diduga hilang sejak Selasa (12/7) dini hari.

Pencarian sempat mengalami titik jenuh, lantaran petugas tidak mendapatkan informasi mengenai keberadaan 15 awak kapal tersebut.

Petugas juga kesulitan memperoleh informasi dengan petugas di lapangan yang sedang melakukan pencarian di sekitar pulau Panaitan Perairan Selat Sunda, Kabupaten Pandeglang.

Baru sekitar pukul 12.00 WIB hari ini, kapal yang sebelumnya ditumpangi 15 nelayan asal Jakarta tersebut berhasil ditemukan di sekitar Tanjung China di wilayah perairan Banten Selatan. Namun keberadaan 15 awak kapal tersebut belum jelas.

Petugas juga mendapatkan informasi bahwa Kapal Nelayan KM Langsung Jaya diduga tenggelam akibat bocor setelah dihantam ombak di sekitar Pulau Panaitan, Perairan Banten, pada Selasa (12/7) dini hari.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010